Apa Itu Revenue Growth Dalam Perusahaan? - aprillins.com

Apa Itu Revenue Growth Dalam Perusahaan?

Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia revenue growth artinya pertumbuhan pendapatan. Baik dalam sebuah usaha kecil maupun korporasi, pertumbuhan pendapatan merupakan salah satu ikon penting dalam membangun citra perusahaan. Bagaimana tidak? Perusahaan yang revenue growth-nya meningkat tajam seringkali diliput di berbagai media dan dinilai sebagai perusahaan sukses. Oleh karenanya, kalau ingin perusahaan Anda terlihat sukses silakan memainkan level revenue growth.

Apakah revenue growth itu sendiri merupakan indikator penting bagi kesehatan perusahaan? Penting, tetapi lebih penting ROIC. Meningkatkan level revenue growth lebih mudah ketimbang meningkatkan ROIC. Level revenue growth dapat dengan mudah ditingkatkan melalui berbagai cara sebagai berikut.

  • Memberikan potongan harga yang signifikan pada produk untuk meningkatkan volume penjualan.
  • Memasarkan produk melalui berbagai macam marketing channels secara masif atau besar-besaran untuk mengenalkan produk ke khalayak, tujuannya juga meningkatkan volume penjualan.
  • Menciptakan produk baru sebagai tambahan sumber pendapatan.
  • Melakukan merger & acquisition dengan perusahaan yang level pendapatannya jauh lebih tinggi.
  • Melakukan bundling berbagai produk perusahaan dengan harga lebih murah agar banyak produk yang terjual.

Sayangnya, berbagai cara di atas tidak menjanjikan bahwa perusahaan akan untung. Kemungkinan besar cara di atas digunakan hanya untuk meningkatkan penjualan tanpa memandang untung atau rugi. Karena sudah terlanjur ‘panas’ dengan kompetisi pasar dan ingin segera tumbuh, bisa saja Anda memberikan potongan harga yang tidak masuk akal hanya demi menarik konsumen dengan lifetime value yang rendah. Dalam jangka waktu menengah mungkin Anda akan kehabisan modal untuk mendanai promosi dan biaya operasi, kecuali Anda disokong oleh investor yang sangat besar dan berinvestasi dengan jangka waktu panjang.

Pada perusahaan kecil bahkan menengah jangan coba-coba melakukan aksi meningkatkan revenue growth secara signifikan tanpa memahami risiko dan tanpa mempertimbangkan persentase ROIC. Untuk memahami revenue growth dan ROIC dalam perusahaan bayangkan ilustrasi berikut. Perusahaan adalah keluarga Anda; revenue growth adalah pertumbuhan anak Anda; dan ROIC adalah pendapatan hasil kerja Anda.

Anda berharap anak Anda tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar. Untuk itu anak Anda butuh makanan yang bergizi dan pendidikan yang bagus. Saking terobsesinya Anda dalam menyokong kehidupan anak, Anda menggunakan seluruh pendapatan setiap bulannya demi makanan dan pendidikan mahal untuk anak Anda tanpa memikirkan bahwa ada orang lain selain Anda yaitu diri Anda sendiri dan istri Anda. Sampai pada saatnya sisa pendapatan Anda tidak dapat melunasi tagihan listrik, air, dan kebutuhan sehari-hari dengan kata lain bangkrut. Anak anda tidak bisa makan dan sekolah, begitupun dengan Anda dan istri Anda.

Itulah ilustrasi bahaya yang akan terjadi pada perusahaan yang terbuai pada revenue growth tanpa mempertimbangkan ROIC.

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Apa Itu Revenue Growth Dalam Perusahaan?”

Silakan Beri Komentar