5 Makanan yang Harus Anda Coba Ketika Berkunjung ke Singapura

Singapura terkenal sebagai negara yang kecil tetapi memiliki tingkat kebahagiaan serta kesejahteraan masyarakat yang cukup tinggi. Dibalik itu semua, tak luput kerja dari pemerintah setempat serta kerja keras masyarakat yang menjadikan negara Singapura menjadi negara adidaya di kawasan Asia Tenggara seperti saat ini.

Singapura bisa menjadi destinasi yang tepat untuk Anda mencari inspirasi akan majunya suatu negara atau berwisata kuliner dan mempelajari budayanya. Banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk kesana baik dengan kapal laut ataupun pesawat terbang. Bila Anda ingin perjalanan yang aman dan nyaman, sebaiknya Anda menaiki pesawat, seperti contoh Sriwijaya Air. Anda bisa cek harga tiket pesawat Sriwijaya Air termurah di Traveloka.

Berbicara tentang wisata kuliner, terdapat banyak makanan khas Singapura yang perlu Anda coba ketika berkunjung kesana. Unik, segar, dan menggoyang lidah adalah kata – kata yang tepat untuk menggambarkan makanan – makanan di Singapura. Makanan apa sajakah yang dijajakan disana? Ini dia 5 makanan yang harus dicoba ketika berkunjung ke Singapura.

1. Carrot Cake

Sumber : youtube.com
Sumber : youtube.com

Carrot Cake bukan sembarang kue. Bahkan bahan dasarnya pun bukan berasal dari wortel meskipun namanya mencatut kata carrot disana. Kue unik ini terbuat dari lobak dan juga tepung beras yang dikukus. Kemudian setelah dikukus, adonan dicampur dengan telor beserta kecap manis kemudian digoreng sehingga menjadikan makanan ini gurih dan juga nikmat.

Terdapat dua macam Carrot Cake yang bisa Anda temui di Singapura. Yang satu berwarna hitam berkat campuran dari kecap manis, sedangkan yang satu lagi berwarna putih yang berarti tidak dicampur dengan kecap. Harga satu Carrot Cake bervariasi di setiap daerah, tetapi umumnya kue ini dijual seharga 4 dollar Singapura. Tempat yang menjual Carrot Cake terbaik seantero Singapura berada di Esplanade Theatre dan Newton Food Centre.

2. Kaya Toast

Sumber : jiaksimi.sg
Sumber : jiaksimi.sg

Dari bentuknya, Kaya Toast ini terlihat seperti roti bakar yang dijual di Indonesia. Tampilannya memang simpel, tetapi rasa yang ditawarkan membuat Anda ingin terus menggigitnya sampai kepada remahan terakhir. Begitu juga cara membuatnya yang simpel sehingga menjadikan roti ini menjadi sarapan favorit oleh pekerja kantoran yang memiliki waktu sedikit untuk menyiapkan sarapannya sendiri.

Kue simpel ini bisa Anda beli di banyak tempat di Singapura, terutama di kafe atau restoran mengingat kafe sering dijadikan tempat nongkrong orang – orang Singapura dan Kaya Toast menjadi makanan yang tepat untuk bersantai. Ditambah dengan kopi atau teh, semakin menambah kekayaan rasa pada Kaya Toast yang Anda makan. Umumnya, harga Kaya Toast ini adalah 3 dollar Singapura, namun bisa bertambah jika Anda ingin menambah toppingnya.

3. Chili Crab

Sumber : magazine.foodpanda.sg
Sumber : magazine.foodpanda.sg

Siapa yang suka makan seafood? Jika Anda memang benar penyuka makanan laut, Anda pasti tidak ingin melewatkan Chili Crab yang menjadi masakan khas penduduk Singapura ini. Kuliner yang populer dan telah lama dimakan oleh para penduduk Singapura ini memiliki rasa yang khas berkat adanya saus asam bergelimang di sekitaran kepitingnya.

Kepiting lumpur menjadi bahan dasar dalam masakan ini. Dengan teknik stir – fried, masakan ini diolah dan dicampur dengan saus tomat serta saus cabai yang menghasilkan rasa manis asam menyegarkan. Mengapa bisa manis? Karena saus tomatnya lebih dominan dalam sajian ini ketimbang dengan saus cabainya. Harga satu piring Chili Crab di sekitaran Singapura berkisar 15 dollar Singapura tergantung dengan besarnya kepiting.

4. Uncle Ice Cream
Sumber : www.sg

Sumber : www.sg

Renyah, Manis, dan Dingin. Tiga kata yang tepat untuk menggambarkan Uncle Ice Cream yang terjaja di jalan – jalan Singapura. Nama ini didapat berkat para penjual es krim ini yang kebanyakan adalah kakek – kakek atau pria pensiunan yang berkeliling atau diam di suatu tempat bersama dengan gerobak es krimnya.

Banyak rasa yang bisa Anda coba dengan membeli es krim ini. Ditambah lagi, Anda bisa memilih beberapa topping sesuai kesukaan Anda sehingga es krim ini terlihat lebih meriah. Harga seporsi Uncle Ice Cream berkisar antara 1 sampai dengan 2 dolar Singapura sesuai dengan rasa serta toppingnya. Tempat yang banyak menjajakan makanan ini antara lain seperti Marina Bay, Orchard Road, dan Riverside.

5. Ayam Buah Keluak

Sumber : thestar.com.my

Sumber : thestar.com.my

Mungkin telinga Anda terasa asing ketika mendengar kata buah keluak. Indonesia sebenarnya juga memiliki buah keluak dan banyak tumbuh di daerah Sunda, Jawa Tengah dan Toraja. Buah yang jarang terdengar namanya ini ternyata menjadi pelengkap salah satu masakan khas di Singapura yaitu Ayam Buah Keluak.

Menu istimewa dengan isi suiran daging ayam ini memanfaatkan bumbu – bumbu tradisional dalam menciptakan rasanya yang khas. Tanpa tambahan penyedap rasa, kelezatan dari makanan ini begitu alami dan sangat cocok untuk lidah para orang Melayu. Seporsi makanan ini berkisar antara 5 – 7 dollar Singapura.

Itulah 5 makanan yang harus Anda cicipi saat berlibur ke Singapura. Menyantapnya bersama keluarga dan kerabat terdekat tentu akan semakin nikmat, have a nice trip!

Tags:

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “5 Makanan yang Harus Anda Coba Ketika Berkunjung ke Singapura”

Silakan Beri Komentar