Apa Itu Korporasi (Corporate)?

Korporat atau korporasi (bahasa Inggris: Corporate) adalah sekelompok orang yang bersatu mendirikan sebuah entitas berbadan hukum. Kata corporate berasal dari bahasa latin yaitu corporationem yang artinya “mendirikan badan”.

Secara legal, korporat ini sama halnya dengan perusahaan biasa hanya saja kata korporat sudah terbiasa digunakan untuk menggambarkan perusahaan yang sudah well established.

Penggunaan Kata Corporate

Kata corporate biasa digunakan untuk menggambarkan sebuah perusahaan besar atau induk perusahaan. Artinya, perusahaan tersebut merupakan perusahaan inti yang memiliki bermacam-macam anak perusahaan di bawahnya.

Namun, sebenarnya korporat sendiri tidak menggambarkan betapa besarnya suatu perusahaan melainkan menggambarkan ada atau tidaknya anak perusahaan yang dimiliki perusahaan tersebut. Contoh, PT Koala Putih yang bergerak di bidang garmen memiliki modal Rp1.000.000.000, setelah dua tahun perusahaan tersebut mendapatkan profit yang cukup tinggi untuk membeli perusahaan kecil yang sudah mau bangkrut. Anggap perusahaan kecil itu bernama PT Tex Coloring dan memiliki nilai Rp300.000.000. Pembelian yang dilakukan PT Koala Putih menjadikan dirinya sebuah perusahaan korporat karena secara otomatis memiliki anak yang bernama PT Tex Coloring.

Kalau Anda punya warung yang dinamakan PT Warung Sejahtera yang bermodalkan Rp10.000.000 lalu membeli PT Warung Sebelah, Anda boleh saja menganggap PT Warung Sejahtera itu merupakan korporat. Namun, perusahaan biasanya pada malu kalau modal cuma Rp10.000.000 menganggap dirinya korporat.

Perbedaan Kata Perusahaan dan Corporate

Meskipun sebenarnya corporate adalah salah satu bentuk perusahaan, tetapi ada perbedaan secara common sense. Kata “perusahaan” biasanya digunakan untuk mendeskripsikan satu entitas perusahaan tanpa mengikutsertakaan asumsi adanya anak perusahaan. Sedangkan kata “korporat” biasanya digunakan untuk mendeskripsikan satu entitas perusahaan dengan mengasumsikan adanya anak perusahaan yang dimiliki perusahaan tersebut.

Contoh Corporate di Indonesia

Salah satu korporat yang terkenal di Indonesia adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Perusahaan ini dikenal dengan produknya yang bernama Indomie. Semua orang Indonesia pasti tahu Indomie. Dua di antara sekian banyak anak perusahaan Indofood adalah PT Pepsi-Cola Indobeverages dan PT Indofood Fritolay Makmur.

Tags: , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Apa Itu Korporasi (Corporate)?”

Silakan Beri Komentar