Perbandingan Credit Card dengan Kartu Debit

Masihkah anda menganggap bahwa kartu kredit dan kartu debit / Atm adalah jenis kartu yang sama? Kenyataannya tidak, kedua kartu ini memang terlihat mirip, bahkan tak jarang orang menganggap kedua karrtu ini sama. Hal ini didasari karena kurangnya sosialisasi tentang perbedan antara kedua kartu ini. Untuk masyarakat awam yang memang kurang menganggap penting kartu ini memang bukan masalah, tetapi untuk orang-orang yang memiliki kondisi keuangan cukup baik, ini adalah sebuah kesalahan fatal. Karena jika mereka berbelanja menggunakan fasilitas kartu pembayaran dari bank, mereka mengira tidak akan dikenai tagihan untuk barang pembelanjan mereka.

Selama ini banyak salah paham karena masyarakat kurang mengerti akan perbedaan kedua jenis kartu ini. Padahal bila kita tengok lebih dalam lagi secara tampilan memang bentuk fisik dari kedua kartu ini hamper sama namun fungsi dari kedua kartu tersebut lah yang cukup berbeda. Tak hanya itu saja, dalam pembuatan kedua kartu ini juga memerlukan persyaratan yang berbeda. Dimana untuk membuat kartu debit atau kartu ATM anda hanya cukup membuka tabungan maka kartu debit pun anda dapatkan. Namun, untuk pembuatan credit card diperlukan berbagai macam persyaratakn yang cukup ribet. Beberapa kelebihan dan kelemahan dari kedua kartu tersebut adalah sebagai berikut:

  • Untuk Kelebihan Kartu Debit:
  1. Apabila berbelanja menggunakan credit card, anda seperti membawa uang tunai yang memiliki nominal. Berbeda dengan penggunaan kartu ATM yang sebenarnya tidak memiliki nominal uang di dalam nya. Kartu debit merupakan uang yang anda tabung sendiri di bank.
  2. Dapat bertransaksi dalam jumlah besar. Sebagai contoh anda dapat melakukan transaksi hingga puluhan atau ratusan juta, selama saldo anda mencukupi untuk melakukan transaksi tersebut.
  3. Ketika anda bertransaksi menggunakan Atm, maka anda tidak akan di anggap berhutang oleh bank seperti yang di lakukan oleh credit card. Untuk membuat kartu debit pun, jauh lebih mudah dilakukan, karena nasabah bisa mendapatkan kartu debit / Atm secara langsung ketika mendaftar / membuka rekening baru menjadi nasabah bank tersebut.
  4. Saat memerlukan uang tunai / cash, pengguna kartu ATM akan lebih mudah melakukan tarik tunai dan tidak dikenakan bunga.
  • Sedangkan untuk kekurangannya, yaitu:

 

  1. Anda tidak dapat melakukan transaksi dalam berbelanja melebihi saldo dari tabungan yang ada di bank. Kerugian ini bisa dirasakan saat ada keperluan yang sangat mendesak seperti membayar biaya tagihan rumah sakit atau lainnya.
  2. Promo atau diskon barang jarang diberikan oleh toko yang bekerja sama dengan bank
  • Kelebihan dari penggunaan credit card:
  1. Promo dari bank sangat banyak ketika melakukan transaksi.
  2. Selain itu, bisa digunakan untuk melakukan transaksi melebihi saldo tabungan milik anda di dalam bank. Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir tentang sisa saldo di rekening bank selama limit kartu
  • Kekurangan dari credit card sendiri adalah:
  1. Bunga kredit. Meski bunga yang diberikan tidak terlalu besar, tetapi jika kita melakukan transaksi dalam jumlah besar atau sering, maka bunga kredit nya akan bisa di rasakan oleh nasabah bank itu sendiri.
  2. Anda akan merasa terbebani ketika telah dekat dengan waktu jatuh tempo pembayaran tagihan. Denda akan diberikan jika membayar lewat dari tanggal jatuh tempo.
  3. Saat uang tunai dibutuhkan, penarikan uang di Atm bisa dilakukan dengan kartu kredit. Akan tetapi, bunga yang diberikan akan lebih tinggi dari bunga saat melakukan penarikan uang menggunakan kartu tersebut.

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.