Apa Itu Strategi Korporat?

Strategi korporat diterjemahkan dari bahasa Inggris yaitu corporate strategy. Strategi korporat terdiri atas dua kata yaitu strategi dan korporat yang masing-masing mengandung arti kata sebagai berikut.

Strategi: berbagai cara untuk mencapai tujuan. Strategi juga dapat disebut sebagai perilaku yang diambil oleh seseorang yang menggambarkan berbagai tindakan terkait dengan keadaan atau permainan (Benoit dan Trigeorgis, 2011).

Korporat: sebuah entitas usaha berbadan hukum yang memungkinkan para individu agar dapat menginvestasikan modal, tenaga, dan berbagai sumber daya agar dapat menghasilkan profit.1 Korporat juga dapat disebut grup atau perusahaan yang memiliki berbagai anak perusahaan sekaligus mengelolanya. Untuk lebih jelas tentang apa itu korporat lihat pengertian corporate.

Strategi korporat telah didefinisikan oleh Grant (2010) sebagai penentu ruang lingkup perusahaan dalam hal berkompetisi pada suatu industri atau pasar, dan di dalam strategi korporat tersebut terdapat berbagai keputusan seperti diversifikasi, integrasi vertikal, akuisisi, dan new ventures, dan pengalokasian sumber daya antar bisnis pada perusahaan tersebut.

Perusahaan yang berbentuk korporasi di Indonesia contohnya adalah Sinarmas, Artha Graha, dan Krakatau Steel. Perusahaan korporasi biasanya memiliki banyak anak perusahaan dan unit bisnis. Anak perusahaan biasa disebut sebagai subsidiary, sedangkan korporasi bisa juga disebut sebagai perusahaan induk. Lalu bagaimana membedakan unit bisnis dan anak perusahaan? Apakah anak perusahaan termasuk unit bisnis atau sebagai subsidiary saja?

Anak perusahaan dapat disebut sebagai unit bisnis bagi perusahaan induk meskipun yang mengelola bisnis adalah manajemen anak perusahaan tanpa campur tangan perusahaan induk. Perusahaan induk juga dapat memiliki unit bisnis yang dikelola oleh manajemen perusahaan induk itu sendiri. Sama dengan perusahaan induk, anak perusahaan juga dapat memiliki berbagai unit bisnis. Manajemen dalam hal ini adalah bahwa perusahaan induk dan anak perusahaan memiliki direksinya masing-masing. Contoh, anak perusahaan yang dimiliki oleh Krakatau Steel adalah PT KHI Pipe Industries, PT Krakatau Wajatama, dan PT Meratus Jaya Iron & Steel. Masing-masing perusahaan tersebut memiliki bisnis yang khusus.

Salah satu alasan korporasi tidak ingin mengelola unit bisnis secara langsung dibawah naungan manajemennya adalah korporasi terlalu banyak pekerjaan dalam hal pengelolaan sehingga kinerja korporasi itu sendiri dapat terganggu. Oleh karena itu, dibentuklah anak perusahaan yang berbadan hukum yang memiliki manajemen tersendiri sehingga kinerja koporasi tidak terganggu.

Daftar Bacaan

  • Chevalier-Roignant, Benoit, dan Lenos Trigeorgis (2011), “Competitive Strategy: Options and Games”, MIT, Cambridge
  • Grant, Robert M. (2010), “Contemporary Strategy Analysis¬† 7th Edition”, John Wiley & Sons Ltd, United Kingdom
  • 1 http://www.demos.org/publication/what-is-a-corporation
Tags: , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Satu tanggapan untuk “Apa Itu Strategi Korporat?”

  1. noviyeni wulan sabir
    April 14th, 2016 at 19:49 | #1

    terimakasih.. sangat membantu

Silakan Beri Komentar