Banyak Pengguna Pesawat = Ekonomi Rakyat Membaik? Belum Tentu Pak SBY!

Beberapa saat yang lalu saya membaca berita tentang komentar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyatakan bahwa banyaknya pengguna pesawat mengindikasikan ekonomi rakyat membaik. Menurut saya hal tersebut merupakan kesimpulan yang terburu-buru. Berikut ini langsung saya kutip sebagian dari sumber beritanya.

“Saya tanya kenapa bisa demikian? Ternyata dulu yang dari Jakarta – Surabaya naik kereta api sekarang milih naik pesawat,” jelas SBY.

Kenaikan pengguna angkutan udara menunjukan semakin banyak masyarakat yang mampu beli tiket pesawat. Artinya, lanjut SBY, daya beli masyarakat kian baik. “Middle class┬ámakin tinggi. Oleh karena itu, perlu kita atur lagi,” terangnya.

Saya dapat membuktikan bahwa kesimpulan SBY tidak dapat dibenarkan begitu saja. Coba lihat tiket kereta eksekutif dengan trayek Jakarta-Surabaya untuk tanggal 30 Agustus 2011 di bawah ini.

Hasil screenshot tiket kereta 30 agustus 2011

Sekarang bandingkan dengan harga tiket salah satu maskapai penerbangan swasta, Lion Air, dengan trayek Jakarta-Surabaya untuk tanggal 30 Agustus 2011 di bawah ini.

Hasil screenshot tiket lion air 30 agustus 2011

Kelihatan sudah kalau tiket pesawat memang kenyataannya lebih murah. Tentu saja banyak orang lebih memilih naik pesawat, sudah murah cepat pula sampainya. Tidak perlu sakit punggung segala gara-gara kelamaan duduk di kereta.

Coba kita hitung berapa selisihnya tiket kereta dikurangi tiket pesawat yaitu Rp550.000 – Rp461.500 = Rp88.500. Lumayan kan selisihnya? Taruhlah Airport Tax Sukarno-Hatta adalah Rp50.000, maka selisihnya adalah Rp88.500 – Rp50.000 = Rp38.500. Masih selisih juga.

Kalau Anda cek sendiri ke situs Lion Air mungkin harga Promonya sudah naik. Menurut pengalaman saya yang telah beberapa puluh kali membeli dari tiket pesawat secara online pada situs tersebut, tampaknya Lion Air memberlakukan sistem jika tiket yang tersedia sudah sedikit maka harganya akan naik secara otomatis, atau jika belinya mendekati hari H rencana keberangkatan maka harganya juga akan naik. Screenshot di atas saya ambil pada pukul 00.12 WIB tanggal 25 Agustus 2011.

Sekarang sudah terbuka pikiran kita dengan melihat kenyataan yang ada di lapangan bahwa meningkatnya penggunaan jasa pesawat sebagai media mudik bukan semata-mata ekonomi atau daya beli rakyat middle class semakin membaik, tetapi memang karena tiket pesawat bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan tiket kereta. Tul ga?

Bagaimana pendapat Anda?

Tags: , , , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

2 tanggapan untuk “Banyak Pengguna Pesawat = Ekonomi Rakyat Membaik? Belum Tentu Pak SBY!”

  1. si sexy
    October 20th, 2011 at 11:05 | #1

    apaana sby itu emang ngga pantas jadi pemimpinn, makin terpuruk warga kita kan?? apa semua kawan2 muda terpelajar ngga menyadarinya??? hehehehehe busukkk bangettt emangg

  2. andy hendras
    October 4th, 2013 at 14:20 | #2

    betul,,,betul…betul

Silakan Beri Komentar