Jika Kita Dilahirkan Dalam Budaya yang Berbeda?

Pernahkah engkau berfikir jika andai suatu pagi kau bangun sebagai orang dari negara yang jauh misalnya amerika. Bagaimana jika seandainya kau dilahirkan di Amerika dan bukan di Indonesia. Ini adalah pertanyaan menarik sejauh mana kita akan berubah jika kita dilahirkan di tempat yang berbeda dengan kebudayaan yang berbeda.

Setiap budaya memiliki pola pikir yang berbeda. Hal ini mudah untuk dilihat. Misalnya dalam hal moralitas dan dalam hal kepercayaan. Dengan mengubah tempat hidup kita, kita akan diajari dan terpengaruh dengan berbagai macam pola moralitas yang ada di sana. Dengan demikian kita akan berfikir secara berbeda. Kita tidak pernah akan merasa yakin apakah kita akan berada di posisi moralitas kita ketika kita berubah kebudayaan yang mana berarti merubah pola pikir dan pola hidup kita.

Perubahan yang kita alami tidak hanya masalah kepercayaan dan moralitas namun lebih dari itu. Pengalaman yang ada di tiap bangsa sungguh berbeda. Kita bangun pagi dengan cara yang berbeda, sarapan dengan cara yang berbeda, mengalami hubungan dan tingkah laku yang berbeda. Sebaliknya kita tidak pernah mengalami suatu pengalaman kebudayaan yang pernah kita alami sekarang. Permainan juga berubah.

Belum lagi masalah bahasa. Kita hidup di dalam kehidupan yang berbeda. Kita juga hidup dengan bahasa yang berbeda. Bahasa yang kita gunakan merupakan bahasa yang berbeda dengan kata lain kita menggunakan kata yang berbeda dan aturan bahasa yang berbeda. Padahal bahasa memiliki pengaruh besar dalam kita memandang sesuatu. Suatu kata bisa saja ada dalam suatu bahasa dan tidak ada dalam bahasa lain.

Kita dengan demikian memandang sesuatu dengan cara yang sangat berbeda karena kita berasal dari posisi yang berbeda.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Satu tanggapan untuk “Jika Kita Dilahirkan Dalam Budaya yang Berbeda?”

  1. Prastiwi S.Sos M.Si
    October 26th, 2012 at 03:39 | #1

    Deal… With that, this respond already send it from somewhere so faraway from Indonesia n have to start something new n great experience about Amerika. look forward to got reply n share about all the new things happen here. Was here since 11 September 2012 until now , still learning, exploring n compare the culture with the different people at Amerika with all different background. But… For sure I wish I have an option all I can say is…I LOVE as a INDONESIAN n I am proud as a part of my life is all about INDONESIA. ( alumni Magister Komunikasi angkatan 2009 Universitas Dr.Soetomo Surabaya – Indonesia ).

Silakan Beri Komentar