Tembok-Tembok Ciptaan Manusia

Tembok adalah apa yang disebut sebagai pemisah. Pemisah ini adalah sesuatu yang memisahkan antara dua hal. Seringkali tembok ini artifisial artinya buatan manusia. Manusia membuat tembok sehingga dia bisa memisahkan dirinya dengan manusia lain. Dengan kata lain tembok adalah alat pemisah. Namun jangan lupa sekaligus tembok adalah alat pelindung.

Manusia membutuhkan alat untuk perlindungan. Manusia membutuhkan pemisah antara dirinya dengan alam. Mereka membutuhkan tempat tinggal yang bisa menghindarkan mereka dari panas dan dingin. Mereka kemudian tinggal di gua-gua. Mereka membutuhkan pemisah diri mereka dengan kekuatan alam. Kemudian mereka juga akhirnya membutuhkan pemisah satu sama lain.

Lihat sendiri tembok rumah. Tembok rumah menghalangi tetangga melihat kehidupan pribadi kita. Tembok tembok juga menghalangi kita dari dingin dan panas. Namun tembok juga menghalangi kita dari serangan rampok dan maling yang hendak menguras harta kita. Tembok sebagai pelindung dan pemisah ini juga dilihat di tembok besar cina. Tembok ini digunakan untuk melindungi bangsa Cina dari serangan bangsa mongol.

Sayangnya tembok yang begini besar merupakan hal yang sia belaka. Mereka tidak bisa menghalangi serangan dari mongol. Kaum mongol akhirnya bisa menembus pertahanan tembok besar cina dengan ketrampilan dan kecepatan. Zaman dahulu kala ketika Jerman barat dan timur terpisah maka mereka dipisahkan oleh suatu tembok bernama tembok Berlin. Sampai sekarang tembok-tembok masih merupakan pilihan untuk memisahkan dan melindungi.

Tembok merupakan suatu teknologi manusia yang digunakan dalam rangka perlindungan. Perlindungan yang memisahkan manusia dari bahaya sekitarnya. Namun tembok juga adalah pemisah, memisahkan manusia yang satu dengan manusia yang lain. Tembok-tembok dibangun atas dasar ketakutan-ketakutan terhadap bahaya. Walaupun tembok memisahkan, seringkali dalam suatu tembok ada pintu gerbang yang bisa membawa orang masuk melewati sebuah tembok.

Tags:

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Satu tanggapan untuk “Tembok-Tembok Ciptaan Manusia”

  1. glaydenty
    March 12th, 2012 at 11:59 | #1

    tembok juga bisa berarti keterikatan. keterikatan yang membuat manusia menderita. menderita karena tidak menyadari kebenaran.

Silakan Beri Komentar