Permasalahan Ingatan Tinjauan Epistemologi

Ingatan adalah suatu hal yang aneh dan unik. Ingatan merupakan salah satu bahasan dalam filsafat pengetahuan yang sangat menarik. Semua pengetahuan kita tersimpan di kotak kita sebagai ingatan. Segala pengalaman kita setelah kita mengalaminya akan berubah menjadi apa yang disebut sebagai Ingatan.

Tanpa ingatan kita tidak mungkin memiliki pengetahuan. Manusia yang tidak memiliki ingatan akan hanya hidup pada hari ini. Mereka akan buta dan hanya bisa melihat apa yang ada di depan mereka. Karena dengan demikian pengalaman mereka tidak disimpan dan nanti kemudian tidak bisa dipergunakan kembali. Manusia hidup mirip seperti binatang, mungkin lebih buruk lagi karena kadang kala hewan juga memiliki ingatan yang baik.

Manusia tidak bisa hidup tanpa ingatan dan ingatan adalah hal yang sangat penting dalam pengetahuan. Sayangnya ingatan adalah sesuatu yang tidak bisa diandalkan. Kadang kala ingatan kita bisa berubah seiring berjalannya waktu. Kita bisa mengingat sesuatu dengan cara yang jauh berbeda dengan yang sebenarnya terjadi. Pengalaman yang disimpan dalam ingatan bisa berubah.

Ingatan juga bukanlah media penyimpanan yang baik. Selain mudah berubah ingatan juga bisa dengan mudah menghilang. Kita sangat sulit sekali mengingat ketika kita lupa. Kita seringkali lupa menaruh barang barang kecil yang diletakkan oleh kita. Lupa di mana tempat menaruh benda-benda tersebut. Dengan kata lain media penyimpanan ingatan bukan merupakan tempat penyimpanan informasi yang baik.

Padahal sebenarnya alam bawah sadar kita mengingat berbagai detail yang ada di sana. Namun demikian ketika dalam keadaan sadar kita tidak bisa mengakses ingatan ingatan bawah sadar tersebut. Kita tidak bisa mengakses pengetahuan alam bawah sadar itu tanpa menggunakan hipnotis atau semacamnya.

Tags:

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

2 tanggapan untuk “Permasalahan Ingatan Tinjauan Epistemologi”

  1. September 13th, 2011 at 09:21 | #1

    manusia makhluk yang sangat unik karena itu manusia makhluk yang special di kolom langit Buatan Allah SWT.,Tuhan yang Maha Esa….
    manusia hidup di alamnya akan menjadi nahkodai Tubuhnya….

  2. glaydenty
    March 12th, 2012 at 12:12 | #2

    kenaganan ingatan akan tersimpan selamanya dalam alam bawah sadar yang tanpa batas. tapi kondisi pikiran kita pada umumnya terbatasi hanya dapat mengakses ingatan yang berkesan saja dan sesuatu yang menjadi ketertarikan kita saja.

Silakan Beri Komentar