Kegunaan dan Hakikat Angka Nol

Angka nol adalah suatu jumlah angka yang sangat unik. Ini karena angka Nol menggambarkan ketiadaan. Kekosongan dan tanpa isi. Dengan kata lain angka nol itu menggambarkan bila sesuatu tidak ada. Angka nol itu tidak ada sehingga menjadi sesuatu yang sangat untuk. Angka nol pertama kali ditemukan di India. Digambarkan sebagai lingkaran penuh. Sesuatu yang tanpa isi.

Angka Nol menunjukkan adanya ketiadaan. Suatu bilangan yang sangat jenius mempermudah berbagai cara kita agar hitung-hitungan menjadi lebih gampang. Tidak ruwet. Juga malah mengeluarkan masalah-masalah baru dalam hitung-hitungan.

Bagi Angka Nol segala sesuatu apabila dikalikan dengan nol maka hasilnya sama dengan nol. Angka berapapun jika dikalikan dengan ketiadaan maka hasilnya akan menjadi ketiadaan. Dalam perkalian maka dapat dikatakan bahwa apel berjumlah tidak ada maka hasilnya sama sekali tidak ada. Apel itu jika dihilangkan tentu saja sama sekali tidak bersisa.

Angka nol juga memiliki kekhususan apabila di jumlah dengan bilangan berapapun hasilnya sama. Ditambah dengan satu hasilnya sama dengan satu. Ditambah dengan dua hasilnya sama dengan dua. Ditambah tiga hasilnya sama dengan tiga. Dikurangi juga demikian. Dikurangi angka berapapun hasilnya tetap saja sama. Tentu saja hal ini adalah hal yang logis. Jika sebuah apel ditambah tidak ada apel hasilnya sama dengan satu apel.

Unik apabila angka Nol ini dibagi dengan angka berapapun kecuali Nol hasilnya adalah ketidakberhinggaan. Inilah cara kita mencapai ketidakberhinggan paling mudah. Dengan membaginya dengan nol. Jumlah tidak ada dalam satu atau dua atau semacamnya jumlahnya sangat banyak bahkan tidak berhingga.

Nol adalah angka yang unik karena dirinya merupakan perwakilan dari ketiadaan dan kekosongan. Sebuah lingkaran penuh yang membuat kita bisa menghitung dengan memasukkan faktor ketiadaan.

Tags: ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

2 tanggapan untuk “Kegunaan dan Hakikat Angka Nol”

  1. Suparman Putra
    November 1st, 2011 at 22:35 | #1

    benarkah nol itu bs berarti kosong????? bukankah jika ada nol itu berarti bkn kosong??? tapi ada isinya, isinya adalah nol itu sendiri. dan bahkan jika nol itu tdk ada maka tetap saja tdk ada istilah kosong. sebab sesuatu yg dikatakan kosong maka sesungguhnya dia tetap isi dan isi itu dalah kosong itu. maka segala sesuatu itu pasti isi pasti ada tidk ada yg boleh disebut kosong… jd yang ada pasti selalu ada.tdk ada yg blh disebaut tdak ada. jd yg ada adalah selalu ada. wallahu a’lam

  2. glaydenty
    March 12th, 2012 at 11:50 | #2

    nol itu kosong ataupun ketiadaan bila dilihat dari sisi definisi/makna akan sesuatu. (penjelasan ungkapan manusia tentang angka NOL)

    tetapi

    nol itu bukan kosong ataupun ketiadaan. karena kosong atau ketiadaan berarti tanpa sesuatu (dalam artikel ini mengacu pada suatu simbol yang mengacu pada angka NOL)

Silakan Beri Komentar