John Doe dan Identitas Manusia

John Doe adalah nama untuk identitas umum bagi seseorang. Nama ini digunakan di negara Inggris. John Doe bisa menggambarkan siapa saja, siapa saja yang identitas nya sebagai individual tidak diperhatikan. Jhon Doe adalah aku dan kamu. John Doe itu bisa berarti siapa saja. Bisa menjadi siapa saja.
Sebenarnya penggunaan John Doe dilakukan ketika seseorang tidak diketahui atau namanya tidak bisa disebutkan karena suatu kasus hukum.

Di Indonesia kita sering menyebut dengan nama Bunga. Sedangkan untuk laki-laki tidak ada. Nama itu akan digunakan jika kita hendak menyembunyikan nama asli dari seseorang yang indentitasnya sebaiknya tidak diketahui. Jhon Doe memiliki banyak varietas, tergantung jenis kelamin atau usia. Bayi bisa menggunakan Precious Doe atau perempuan Princess Doe.

Yang pasti identitasnya dicerabut menjadi suatu identitas kabur. Suatu identitas yang umum. Tanpa nama, atau lebih tepatnya bisa disebut siapa saja. Bisa saya ataupun anda. Suatu orang yang identitasnya diambil sama sekali kecuali tentu saja kejadian dan pengalaman yang dihadapi orang tersebut. Pria ini bisa menjadi apapun dan bisa sedang dimanapun.

Jhon Doe kadang juga disebut Average Joe. Suatu istilah untuk menyebut orang Amerika biasa. Suatu makhluk umum yang ada di negara Amerika. Identitas yang ditimpakan ke setiap warga Amerika yang normal. Semua identitas yang menjadikannya berbeda di cerabut, menyisakan diri yang begitu umum.

Ini membuatku berfikir, bagaimanakah kita andai nama dan latar belakang kita tercerabut sempurna. Apakah ada identitas khusus yang masih melekat, ataukah kita jadi tidak berbeda dengan orang kebanyakan. Dan bagaimanakah hidup dan melihat dunia dalam mata yang tanpa identitas tersebut. Apakah kita akan menjadi “Papan Tulis Putih?” yang bisa ditulisi apapun.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Satu tanggapan untuk “John Doe dan Identitas Manusia”

  1. glaydenty
    March 12th, 2012 at 12:18 | #1

    john kilas adalah balik tentang keberadaan tentang stereotipe manusia.

Silakan Beri Komentar