Dualisme dalam Diri Manusia antara Jasmani dan Rohani

Menurut Descartes manusia dan segala hal di dunia ini memiliki dualisme. Antara apa yang ada di dalam dan apa yang ada diluar. Manusia termasuk memiliki sesuatu yang ada di dalam dan sesuatu yang ada di luar. Dengan kata lain jiwa dan tubuh. Manusia pasti memiliki jiwa dan tubuh. Kalah hanya jiwa kita akan menamainya hantu, kalau hanya tubuh berarti mayat. Manusia memiliki dua itu.

Kita punya bagian luar yang dinamakan tubuh. Tubuh tidak selalu bergerak sesuai kemauan kita. Misalnya saja tubuh kita bisa bergerak sendiri tanpa kesadaran kita. Kadang bisa berkedut. Kadang bahkan kita bisa berjalan saat kita sedang tidur. Tubuh luar ini juga bergerak secara otomatis nyaris seperti mesin. Jantung bergerak terus dan terus. Aliran darah terus mengalir seperti mesin elektronik yang terus dan terus bergerak. Kita kadang tidak bisa memerintahkan tubuh kita, seperti saat kita sakit. Ataupun kita tidak memerintah jantung kita untuk berdetak atau otot pencernaan untuk mencerna makanan. Semua terjadi secara otomatis.

Lalu ada bagian jiwa. Menarik sekali karena bagian jiwa ini adalah bagian yang tidak terlihat. Bagian ini bisa bergerak independen terlepas dari tubuh. Maksudnya adalah ketika tubuh kita tidak bergerak, pikiran kita bisa jadi sebenarnya sangat sibuk. Bahkan pikiran ini merupakan salah satu yang menjadi fokus kehidupan manusia. Kita bisa berjalan dan berlari dalam pikiran kita. Sebagai contohnya pada saat kita sedang bermimpi. Dalam saat kita sedang bermimpi kita bisa pergi ke tempat-tempat lain, padahal tubuh kita sedang tidur.

Uniknya keberadaan satu dan yang lainnya saling terikat satu sama lainnya. Pikiran terikat dengan tubuh begitu juga sebaliknya. Ketika tubuh kita terluka pikiran kita juga merasakan sakitnya. Tubuh juga kelihatannya bisa kita kendalikan dengan menggunakan pikiran.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

2 tanggapan untuk “Dualisme dalam Diri Manusia antara Jasmani dan Rohani”

  1. suli
    December 15th, 2011 at 17:34 | #1

    nyawa=hantu????

  2. October 3rd, 2012 at 20:14 | #2

    TRIKOTOMI ?????…

Silakan Beri Komentar