Dari Facebook Democracy Sampai Internet Mobokrasi

Beberapa saat yang lalu kita sering mendengar istilah Facebook Democracy. Bagaimana Internet dan jejaring sosial yang baru ada belakangan ini membentuk suatu fenomena baru. Internet sebagai media komunikasi yang menghubungkan orang dengan mudahnya membuat suatu fenomena di mana manusia memiliki kebebasan berbicara yang luar biasa. Dengan menyembunyikan diri sebagai Anonim seseorang bisa mengutarakan hal-hal yang subversif dan berbahaya tanpa terlacak.

Tentu fenomena ini menakutkan bagi para pemimpin negara otoriter. Internet menjadi sesuatu yang berbahaya dan subversif. Bisa digunakan menggalang masa dan merubuhkan kekuasaan. Karena itu bisa jadi muncul sensor, bahkan bisa jadi seseorang di0penjara hanya karena memiliki Modem.

Namun ini juga membawa harapan baru bagi demokrasi. Facebook misalnya melampaui jarak dan waktu. Menyatukan orang-orang yang satu pemikiran. Pemikiran kita juga bisa kita ekspresikan dan menjangkau banyak orang. Dengan ini bisa mengumpulkan banyak pengikut, membawa kita mengumpulkan dukungan masa dengan mudah. Karena itu seringkali Internet membawa ke zaman baru demokrasi.

Sayangnya pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Rasanya sulit untuk menafikan namun juga tidak bisa kita melebih-lebihkan peran Internet. Internet merupakan media yang kacau dan campur aduk dimana pendapat yang paling aneh dan nyeleneh bisa ditemukan. Informasi benar dan salah saling bercampur baur. Karena itu yang muncul dari Internet merupakan Mobokrasi daripada demokrasi. Setiap orang bisa berbicara di sana, tahu ataupun tidak. Saling mendebat. Mengecoh. Atau bahkan hanya melukai hati musuhnya. Pendapat-pendapat bersliweran. Banyaknya pengikut bisa didapat dari kepopuleran. Media di mana orang dengan cepat menemukan antara porno yang aneh hingga debat kusir intelektual. Bukan berarti sepenuhnya buruk.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Dari Facebook Democracy Sampai Internet Mobokrasi”

Silakan Beri Komentar