Epistemologi Tentang Warna dan Persepsi Indra

Warna adalah suatu anugerah luar biasa dalam kehidupan. Dalam kehidupan ini kita bisa melihat berbagai warna. Ada warna yang biasa kita kenal yaitu misalnya Merah, biru, jingga, Ungu. Ada berbagai warna dengan nama-nama yang berbeda. Namun demikian warna dapat menyebabkan permasalahan filsafat yang menarik untuk dikaji. Nama dari masalah itu andalah bahwa apakah warna yang kita lihat itu adalah warna yang sama dengan yang dilihat orang lain.

Permasalahan ini akan disadari ketika kita menyadari bahwa kita tidak bisa memastikan bagaimana orang melihat benda-benda. Seseorang bisa melihat sesuatu yang berbeda satu sama lainnya. Lagipula ada orang-orang yang tidak bisa membedakan warna yang satu dengan warna-warna yang lain. Dengan kata lain bisa jadi kita melihat warna secara berbeda-beda misalnya merah menjadi biru dan biru menjadi merah.

Tentu saja kita bisa mengatakan bahwa merah itu merah dan biru itu biru. Kemudian kita bisa menanyakan apakah warna yang dilihat oleh orang lain. Misal kita menunjuk lagit dan mengatakan bahwa warna langit itu apa. Seseorang bisa menjawab biru. Kemudian masalah terselesaikan. Tapi tidak secepat itu, tiap kebudayaan punya kata yang berbeda dengan warna. Ada warna-warna yang dikenal dalam bahasa dan kebudayaan tertentu dan ada yang tidak. Ini membuat kita bisa kebingungan misalnya ada bahasa yang tidak memisahkan antara hijau dan biru. Bahasa dan kebudayaan mempengaruhi persepsi kita mengenai warna.

Kalau kita tilik lebih jauh lagi maka bahasa sebenarnya menjebak kita dalam perspektif warna ini. Misalnya saja pada awal kehidupan kita, kita setuju saja seandainya suatu warna disebut warna Merah dan biru disebut warna biru. Kita tidak pernah memastikan dan menyamakan persepsi mengenai warna-warna. Bisa saja kita merasa skeptis mengenai persepsi warna, namun demikian berarti jawaban bahwa warna itu objektif masih mungkin.

Tags: ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Epistemologi Tentang Warna dan Persepsi Indra”

Silakan Beri Komentar