Dunia Penuh Simulasi (Simulacra) Perspektif Zaman Modern

Ada pepatah yang mengatakan bahwa bahkan roma tidak dibangun semalam. Namun fenomena yang sekarang ada sungguh mengejutkan karena dengan teknologi visual komputer kita bisa membangun Roma secara virtual dalam beberapa detik.

Memang tentu saja saya tidak membicarakan mengenai pembuatannya secara keseluruhan. Jika kita mengacu mengenai pembuatan modelnya, mungkin butuh bertahun-tahun untuk membangun model keseluruhan. Mungkin bisa saja seseorang membentuk model kasar dalam waktu semalaman tanpa tidur. Segala benda memang berproses, dan memang demikian. Hanya saja ketika model itu jadi maka dengan mudahnya seorang manusia bisa meniru model komputer itu hanya dalam beberapa detik. Dengan menyalakan komputernya, seseorang bisa membangun kembali Roma dalam beberapa detik. Akhirnya tidak butuh waktu lama untuk segala hal, tidak butuh waktu semalam dan semacamnya.

Kalaupun tidak beberapa detik, kita bisa membangun Roma dalam semalam suntuk. Ada game simulasi yang membuat kita menjadi pemimpin roma dan membangunnya. Kalau mau kota yang lebih besar dan rumit kita bisa memakai game Sim City. Dalam beberapa jam kita bisa membangun kota dari suatu tanah kosong melompong. Bisa dipercepat dan diperlambat. Kalau mau kita juga bisa menghancurkannya dengan serangan alien atau gempa bumi sekalian.

Segala sesuatu di zaman sekarang ini serba cepat. Roma memang tidak bisa dibangun dalam semalam. Tapi sekarang ada hal-hal yang bisa datang dan pergi dengan sangat cepat di zaman modern ini. Dengan teknologi komputer ini banyak hal yang bisa berubah dengan sangat cepat. Tiap malam informasi baru dikirim di Internet. Dengan teknologi komputer berbagai hal yang dahulu membutuhkan waktu sangat lama bisa dihadirkan secara virtual dengan cepat. Ingin menjadi tentara ataupun pemain sepak bola terkenal bisa dihadirkan secara virtual di dalam komputer.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Dunia Penuh Simulasi (Simulacra) Perspektif Zaman Modern”

Silakan Beri Komentar