Hubungan Antara Rubikus dan Permasalahan Manusia

Manusia memang suatu makhluk yang suka bermain. Salah satu permainan ciptaannya adalah Rubikus. Biar saya jelaskan apa yang disebut rubikus itu. Rubikus adalah sebuah permainan dari kubus. Kubus ini terbagi menjadi kubus-kubus kecil di setiap sisi. Dalam Rubikus sederhana yang klasik biasanya terbagi menjadi sembilan kotak di tiap sisi.

Benda berbentuk kubus ini sangat cerdik. Mengapa saya bilang cerdik. Karena tiap sisi dari kubus itu bisa digerakkan horisontal ataupun vertikal. Ini sangat menakjubkan. Saya merasa sangat heran ketika melihat permainan ini. Seperti sulap karena walaupun tiap kubus bisa dipindahkan secara horisontal maupun vertikal, kubus-kubus itu masih menyatu satu sama lain.

Tiap sisi kubus memiliki warna. Satu sisi dengan satu warna dan tiap-tiap kotak kecil di dalamnya memiliki warna yang sama. Menariknya permainan ini dimainkan dengan mengacaukan warna-warna yang ada di tiap sisi sehingga warna-warna ini campur baur. Kemudian dia berusaha keras untuk menyatukan warna-warna ini dalam satu sisi. Yang terkadang sangat membuat frustasi. Mengacaukan warna-warna ini mudah tapi menyatukan warna di ketiga sisi akan sangat susah sekali.

Permainan ini sangat cerdik. Bagaimana menggambarkan manusia menciptakan masalah. Manusia seringkali keusahan dalam menciptakan masalah mereka sendiri. Kemudian frustasi untuk memecahkan masalah yang dia buat sendiri. Lebih mudah mengacaukan warna-warna itu daripada mengumpulkannya kembali. Untuk mengumpulkannya kembali membutuhkan pemikiran, hanya sekedar memindahkan warna-warnanya akan hampir mustahil mengumpulkan kembali semuanya. Di tangan seorang yang tidak ahli bermain, dengan mudah dia mengacaukan warna-warna yang ada di dalamnya. Mengembalikannya tidak semudah menyatukannya kembali. Seringkali semakin kita berusaha semakin hancur jadinya. Kadang memang masalah tidak ditangani dengan metode yang tepat bisa jadi makin hancur berantakan.

Tags: , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Hubungan Antara Rubikus dan Permasalahan Manusia”

Silakan Beri Komentar