Apa Artinya Uang Tanpa Orang di Sekelilingmu?

Kata Cinta Laura “Kau hanya memberiku, memberiku dengan Uang.. uang.. uang.. uang.. uang..” Kelihatan kalau uang saja memang tidak cukup untuk memenuhi kehidupan. Apalah artinya uang tanpa orang di sekelilingmu? Coba dibayangkan, betapa tidak bergunanya uang apabila hanya ada diri sendiri di atas bumi. Apakah kita harus berpikir dengan mindset seperti itu? tidak, karena kita tidak bisa mempungkiri kenyataan bahwa ada manusia lain selain diri sendiri di atas bumi ini.

Lalu apa makna dari kalimat apalah artinya uang tanpa orang di sekeliling kita? Ini menunjukkan bahwa uang bukanlah sebenar-benarnya masalah bagi kehidupan. Melainkan, sekedar penambah masalah. Masalah hidup itu sederhana, tetapi sangat penting, yaitu seputar:

  • Lapar/kenyang
  • Sakit/sehat
  • Hidup/mati

Lapar adalah masalah besar tidak hanya bagi binatang melainkan juga manusia yang punya otak sekalipun. Bukan soal tidak punya uang, yang penting bisa kenyang atau tidak. Kalau punya uang tapi tidak bisa kenyang bagaimana? Begitupun dengan soal sakit, kalau punya uang tetapi tidak bisa sehat apa pula artinya? Akhirnya mati juga dan apalah artinya uang jika demikian.

Fungsi uang dalam tulisan ini secara kasar diilustrasikan sebagai berikut: Saya punya uang untuk membeli mobil Ferrari, iPad X, dan jam tangan Rolex dengan berlian 1000 karat. Lalu saya mau apa? Mau saya bangga-banggakankah? Atau cuma sekedar kebut-kebutan? Kira-kira sampai berapa lama saya tahan dengan situasi sendirian kebut-kebutan tanpa ada orang lain yang melihat atau menemani? Kira-kira jika saya kebut-kebutan dan berputar-putar di sirkuit sendirian itu maknanya apa ya?

Lalu, apa artinya uang? Ya, tak ada artinya. Eits, ada yang ketinggalan perhatikan deh kalau punya uang tapi tidak ada orang lain, lalu kepada siapa saya membeli mobil Ferrari, iPad X dan jam tangan Rolex tadi ya? Jadi.. STOP pamer uang dan sisihkan uangmu kepada mereka yang tidak mampu! 😎

Tags: , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Apa Artinya Uang Tanpa Orang di Sekelilingmu?”

Silakan Beri Komentar