Apa itu Ethnic Slur?

Saya ingat mengenai kisah perjalanan Colombus ke Amerika serikat, karena dia ingin pergi ke India dan malah nyasar di Amerika, ketika dia bertemu penduduk Amerika dan menyebutnya Indian. Sekarang nama itu diubah menjadi Native Amerika. Namun demikian rasanya kurang afdhol kalau tidak menyebut kata Indian di film koboi untuk Indian. Dan para Indian itu akan menyebut orang kulit putih Muka-Pucat. Etnis atau kelompok satu sering kali menamai sesuatu ke kelompok lain. Aku tidak tahu apakah itu berkonotasi negatif atau tidak. Tapi kadang orang menyebut kelompok lain dengan persepsinya sendiri.

Di Amerika ada kata yang tidak boleh disebut, misalnya Nig**r. Orang-orang Amerika kulit hitam akan marah jika disebut Nig**r, dan sepertinya mengatakan Nig**r merupakan masalah besar di sana. Ini berhubungan dengan sejarah kelam bahwa orang Afrika-Amerika, bahwa mereka di bawa dari Afrika sebagai seorang budak. Dan mengatakan Nigger merupakan ejekan yang melukai mereka. Dan secara politik tidak baik. Penyebutan orang Afrika Amerika dengan kata Nig**r, merupakan konotasi negatif.

Etnis Slur merupakan suatu fenomena yang nyata. Orang-orang dari berbagai ras menggunakan kreativitas mereka untuk mengejek orang dari bangsa lain. Sebagai contohnya adalah bangsa Indonesia memiliki Etnic Slur, “In**n”. Saya rasa ini muncul dari julukan orang Malaysia ke Indonesia. Kebalikannya orang Indonesia menyebut Malaysia “Mali***ia.” Ini memiliki sejarah bahwa orang Indonesia menganggap bahwa Malaysia mencuri budayanya.

Kita tidak sendirian, bangsa Asia timur juga memiliki etnik slur. Misalnya “J**” untuk orang Jepang. “Go*k” untuk Korea. “Ch**k” untuk China. Dan orang bisa mencari untuk bermacam hal ini. Variasinya mungkin bisa anda temukan di Youtube atau Forum yang ekstrim. Memposting sesuatu yang kontroversial bisa menyebabkan munculnya hal ini.

Anda harus berhati-hati, istilah yang ada di sini bisa menyebabkan anda masuk bui (tergantung negaranya tentu saja). Ini termasuk apa yang disebut Hate Speak, dengan kata lain ujaran penuh kebencian. Yang lucu dari Etnis Slur adalah bahwa kadang jika etnis itu menerimanya maka dia tidak menjadi masalah. Jika kelompok itu baik-baik saja, dan tidak tersinggung, maka konotasinya tidak jadi negatif lagi. Semua karena waktu, bisa jadi suatu istilah menjadi kehilangan maknanya karena waktu. Kadang juga sebutan itu sebenarnya netral.

Tags: , , , , , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Apa itu Ethnic Slur?”

Silakan Beri Komentar