Mata yang Tidak Bisa Melihat Diri Sendiri

manusia adalah makhluk yang tidak bisa melihat dirinya sendiri. Kita tidak bisa melihat wajah sendiri secara langsung. Berapapun kita memutar bola mata, kita tidak akan bisa melihat wajah kita sendiri. Mencoba memalingkan wajah kemanapun percuma juga. Kita tidak pernah sanggup melakukannya.

Kita memang tidak bisa melihat secara langsung wajah kita, kita membutuhkan alat eksternal untuk melihat diri kita sendiri. Kita menyebut benda itu kaca. Kaca adalah alat yang bisa memantulkan cahaya nyaris sempurna. Sehingga dia bisa menimbulkan bayangan objek yang ada di depan dirinya. Dengan cara demikian manusia bisa melihat dirinya sendiri, melalui bayangan pantulan cahaya.

Tapi betapakah bayangan itu merefleksikan kebenaran dari diri kita. Jika kita melihat bayangan kita akan tahu bahwa bayangan memiliki perbedaan yang sangat mendasar dari objek di dunia nyata. Sering mudah diketahui bahwa objek di cermin yang merupakan cerminan merupakan objek yang memiliki posisi terbalik dengan dunia nyata. Sebagai contohnya ketika kita mengangkat tangan kiri maka bayangan mengangkat tangan kanan. Dengan kata lain bayangan tidak bisa merefleksikan kebenaran objektif.

Indra manusia begitu terbatas. kita tidak bisa melihat diri kita sendiri. sesuatu yang begitu dekat dengan diri kita, tapi begitu jauh tidak tampak. Kita hanya bisa melihatnya melalui bayangan. Kita juga tidak pernah bisa yakin apakah bayangan kita mewakili diri kita.

Jadi sebenarnya kita belum bisa melihat secara pasti bagaimanakah diri kita sebenarnya atau diri kita di hadapan orang lain. Tapi seperti perenungan mendalam lain, kita tidak bisa mengabaikan peran kaca dalam dan bagaimana dia mirip dengan objek di dunia nyata. Contohnya adalah bagaimana seseorang dan cerminannya begitu mirip satu sama lain. Setidaknya itu bisa memberikan kita gambaran besar mengenai diri kita.

Tags: ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Mata yang Tidak Bisa Melihat Diri Sendiri”

Silakan Beri Komentar