Jangan Membaca Tulisan Ini?

Duh! Kalian membaca tulisan ini. Bukankah kuperingatkan untuk tidak membacanya. Kenapa kalian membacanya. Yah, mungkin memang sudah pada dasarnya manusia memiliki sifat ingin tahu. Ketika melihat tombol bertuliskan jangan disentuh malah ada keinginan untuk menyentuhnya. Dasar kalian.

Kali ini saya ingin membicarakan mengenai rasa penasaran manusia. Manusia adalah makhluk yang penasaran, selalu ingin tahu. Ini menyebabkan manusia jadi sering menyerempet bahaya. Keinginan untuk menjelajah Terra Incognito. Selalu mencari penemuan yang baru. Keinginan untuk bertualang. Mungkin itu yang membuat kalian sekarang membaca tulisan ini.

Aristoteles pernah mengatakan bahwa manusia memang bersifat ingin tahu. Dan inilah asal mula filsafat – rasa ingin tahu. Tidak hanya filsafat, kita banyak diuntungkan dari rasa ingin tahu ini. Ilmu pengetahuan misalnya sebagian dihasilkan oleh rasa ingin tahu. Ketika melihat bulan aneh, atau matahati kita selalu ingin tahu. Apa ini? Apa itu? Kadang ini menyebabkan kita ingin menjelajah daerah-daerah gelap.

Kadang hal ini juga membawa keburukan. Misalnya seorang yang terperangkap dalam jaring narkoba karena ingin tahu. Hal ini juga bisa membawa masalah khusus bagi manusia. Tapi dibanding keburukannya rasanya kebaikan lebih banyak. Kemajuan dan perkembangan umat manusia rasanya sulit tanpa adanya rasa ingin tahu ini.

Coba bayangkan manusia gua yang sama sekali tidak ada rasa ingin tahu. Kehidupan mereka sepertinya tidak akan berkembang. Kebudayaan juga mungkin tidak akan tumbuh. Mereka hanya hidup memenuhi kebutuhannya. Tidak maju-maju. Mereka tidak akan menanyakan soal bulan bintang. Tidak akan menanyakan soal binatang.

Tapi rasa ingin tahu sebaiknya dibekali dengan kehati-hatian dan kewaspadaan. Dengan demikian manusia tidak terjebak dan melangkah ke dalam bahaya. Kita mungkin ingin tahu panas gunung berapi bekerja, tapi jangan melompat ke dalamnya.

Tags: , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Jangan Membaca Tulisan Ini?”

Silakan Beri Komentar