Inner Beauty vs Outer Beauty

Zaman sekarang banyak orang berkata bahwa Inner Beauty yang penting. Pernyataan ini tidak salah, hanya saja sering menipu. Inner beauty adalah sesuatu yang ilusif. Kadang sama seperti membohongi diri sendiri. Ini karena inner beauty tidak bisa dilihat, bahkan tidak bisa diukur. Ada atau tidaknya susah untuk diketahui.

Inner beauty, atau keindahan dari dalam sering digunakan untuk menutupi rasa rendah diri. Karena diri tidak cantik maka dia menggunakan topeng inner beauty untuk menutup egonya. Dan ini sama sekali tidak “beauty”. Sama seperti keindahan luar, keindahan dari dalam memiliki sisi buruknya. Menyombongkan kepandaian dan kualitas-kualitas dari dalam yang diukur menurut ukuran sendiri kurang bisa dibilang indah. Ini seperti membanding-bandingkan kualitas keindahan di dalam dengan kecantikan di luar, dua hal ini berbeda.

Sebaliknya kecantikan luar adalah penting. Kesan pertama didapat dari wajah yang cantik dan ukuran-ukuran fisik yang dangkal. Lagipula seringkali penampilan luar merupakan cermin kepribadian. Dengan tubuh yang sehat maka wajah juga terlihat cantik, tubuh terlihat bagus dan lain sebagainya. Memang kecantikan luar tidak selalu sesuai dengan kecantikan di dalam. Tapi kita cukup mengakui saja bahwa ada hubungan antara kecantikan luar dan dalam.

Rasa rendah hati menyebabkan orang menjadi tidak percaya diri. Kemudian menggunakan Inner beauty sebagai topeng. Hal ini bisa menyebabkan penyakit pula, karena dalam diri aslinya, jiwanya tidak terawat. Tidak mengetahui bahwa jiwanya tidak terawat sama sekali. Kecantikan luar dan kecantikan dalam adalah dua hal yang saling bersinambung satu sama lain. Kita tidak bisa mengakui satu dan menolak yang lain.

Pentingnya kecantikan dalam diri, ini tidak salah juga, karena ada suatu kualitas keindahan yang muncul dari dalam diri manusia. Memiliki keindahan luar tanpa memiliki keindahan dalam diri kita membuat hidup menjadi tidak nyaman. Ada gadis cantik yang terus menerus merusak wajahnya dengan oprasi plastik, jelas sekali dia cantik tapi dia tidak memiliki keindahan dari dalam dirinya. Betapa cantiknya seseorang tidak menjamin hidupnya akan tenang. Bahkan seringkali mereka yang dipandang cantik, masih merasa kurang sehingga melakukan operasi sana-sini. Hidupnya tetap dipenuhi ketidakpuasan.

Karena itu pentingnya Inner Beauty. Bukan dalam hal yang ilusif, tetapi merupakan hal yang asli. Ketenangan dalam diri, kepercayaan diri, kejujuran terhadap hati nurani, kesadaran, kerendah-hatian, nilai-nilai ini penting bagi manusia demi menjalani hidupnya. Mereka yang sangat cantik bisa saja tidak puas dengan apa yang diberikan Tuhan. Hidupnya tetap saja diliputi kecemasan, apakah dia masih kurang cantik? Apakah kecantikannya akan hilang? Sebaliknya mereka yang memiliki Inner Beauty merasa tenang dan damai. Puas dan bersyukur. Uniknya jika kita mempertimbangkan bisa saja seseorang itu memiliki inner beauty menganggap dirinya cantik. Bagaimana kalau dirinya itu jelek? Bagaimana mungkin? Dunia ini dipenuhi dengan keindahan.

Mereka mungkin terlalu sibuk, menikmati keindahan dunia. Daripada memikirkan siapa yang paling cantik di kelas.

Tags:

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Inner Beauty vs Outer Beauty”

Silakan Beri Komentar