Kehidupan Ketergantungan Terhadap Energi

Kehidupan modern adalah kehidupan yang ketagihan energi. Coba bayangkan saja betapa banyak energi yang dibutuhkan untuk sekedar menjalani hidup sehari-hari. Tidak terbayangkan bagaimana kita bisa menjalani kehidupan tanpa energi berlebih macam ini. Kita menghabiskan banyak sekali energi dalam menjalani hidup ini sehingga kita susah menjalani kehidupan ini tanpa energi tersebut.

Energi listrik contohnya. Kehidupan kita sudah sangat tergantung dengan energi listrik. Kehilangan energi listrik bisa menyebabkan kita kalang kabut. Kehidupan kita tidak bisa beroprasi dengan normal. Banyak pekerjaan-pekerjaan yang akan tertunda karena kita tidak bisa mengoprasikan mesin-mesin produksi. Maka tanpa energi listrik produksi tertunda dan kita akan kalang kabut.

Tanpa listrik televisi tidak bisa menyala, lampu tidak bisa menyala, komputer tidak bisa menyala. Berbagai segi kehidupan menjadi terhambat. Manusia modern akan berada pada keadaan kacau kalau dia kehilangan energi listrik dalam waktu yang lama. Ini merambah berbagai segi, dari kehidupan sehari-hari hingga pendidikan.

Contoh lain adalah energi yang dihasilkan oleh bahan bakar fosil. Kita memerlukan energi ini untuk pengedaran logistik. Kita butuh juga untuk berbagai transportasi. Tanpa itu maka kita bisa sangat kesusahan karena barang-barang tidak bisa diangkut, kita juga tidak bebas bepergian kemana-mana. Tambah lagi kebutuhan kita terhadap energi semakin lama semakin banyak. Kita menuntut sumber-sumber baru. Tidak hanya sumber itu ramah bagi lingkungan dan murah. Namun juga kita membutuhkan energi semakin banyak. Kita memakai banyak energi, kita bahkan memanfaatkan energi pembelahan atom dalam memasok pasokan energi kita.

Ketagihan energi ini membawa bahaya, karena jika sistem rusak maka kita akan kesulitan mempertahankan diri kita dan beroprasi secara normal dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja listrik mati, maka kita akan mengalami banyak kesulitan. Bahkan jika keadaan tanpa listrik berlangsung lama, mungkin saja akan mengakibatkan banyak kematian. Sehingga ada bahaya keadaan kolaps.

Penggunaan terhadap teknologi memang baik. Namun, jika kita terlalu tergantung pada teknologi itu kita akan ketagihan teknologi dan akhirnya ketagihan energi.

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Kehidupan Ketergantungan Terhadap Energi”

Silakan Beri Komentar