Sesuatu yang Instan Tidak Selalu Buruk

Instan berarti cepat. Dengan cepat berarti tidak membutuhkan proses yang lama. Seringkali instan dianggap buruk karena membawa ekses-ekses negatif. Tapi apakah selamanya sesuatu yang cepat itu buruk. Tidak selalu.

Dengan segala sesuatu yang serba cepat kita sekarang banyak memiliki kemudahan. Informasi yang cepat bisa membawa kita mengetahui segala macam kejadian dari satu sisi ke sisi lainnya. Dengan informasi yang cepat ini kita bisa menambah ilmu pengetahuan tanpa susah payah. Dengan perjalanan yang serba cepat, bahkan kecepatan suara, kita dengan mudah bisa mencapai satu tempat dan tempat lain tanpa menghabiskan waktu. Kita juga sering menonton lomba lari dan lomba balapan yang intinya cepat-cepatan.

Jadi sesuatu yang serba cepat tidak selamanya buruk. Namun sebaliknya kecepatan ini juga kadang membawa dampak negatif. Seperti seorang pengemudi di jalan yang terlalu cepat bisa meningkatkan kemungkinan tabrakan. Makanan-makanan serba cepat membawa berbagai macam penyakit. Cara-cara hidup serba cepat membawa banyak stress. Jalur-jalur serba cepat tanpa usaha malah bisa membawa kepada kerubuhan yang serba cepat.

Kata instan bukan hanya mengasumsikan kecepatan. Malahan kata ini mengasumsikan kita tidak membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil. Sesuatu yang langsung jadi.

Tapi kita perlu ingat, sesuatu yang instan kadang membawa guna yang sangat besar. Misalnya walaupun mi instan membawa pengaruh buruk jika dikonsumsi lama. Namun Mie Instan bisa menjadi cadangan makanan di kala bencana. Dalam saat bencana, mie instan bisa menjadi penolong di kala lapar. Ini karena mudahnya untuk membuatnya, tidak perlu cara yang merepotkan.

Mengenai jalur-jalur cepat, tidak selamanya jalur cepat membawa keruntuhan yang cepat juga. Misalnya Justin Bieber yang terkenal melalui facebook. Dia bisa bertahan lama di dunia musik. Walaupun demikian itu disertai usaha yang keras dalam dirinya. Para ilmuan juga menciptakan teknologi baru yang bisa mempermudah kehidupan kita.

Tags: ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Sesuatu yang Instan Tidak Selalu Buruk”

Silakan Beri Komentar