Kenapa Kita Harus Mempertahankan Spesies Langka?

Semua orang setuju bahwa kita harus mempertahankan spesies langka. Tapi pernahkah anda berfikir kenapa kita berlaku demikian. Kematian spesies langka yang tidak kita butuhkan juga tidak akan mengganggu kehidupan kita. Jika ada satu kecoa biru yang hidup di belantara Amazon dan mereka punah kehidupan kita toh tidak terlalu terganggu.

Seringkali jawabannya adalah bahwa punahnya suatu makhluk akan menggangu lingkungan alam. Memang pada makhluk yang penting, yang berpengaruh besar terhadap ekologi, punahnya makhluk ini mengganggu sistem kehidupan alam. Tapi tidak selalu kematian makhluk-makhluk langka mengakibatkan kerusakan lingkungan. Alam mungkin berubah namun setelah itu pulih. Buktinya banyak hewan-hewan langka yang punah, namun alam tetap bertahan.

Jika bukan masalah kerusakan lingkungan alam, lalu masalah apa?Jawaban yang mungkin terpikir adalah demi masa depan anak-anak kita. Mereka punya hak untuk melihat hewan-hewan itu. Kenapa demikian? Ini karena hewan-hewan itu memiliki keindahan tertentu. Bahwa hewan-hewan itu tidak bisa kita temui lagi akan membawa kesedihan bagi kita. Anak-anak kita juga berhak menikmati keindahan hewan-hewan itu.

Tapi apakah tidak berbeda dengan televisi dan semacamnya. Kedua-duanya juga merupakan hiburan. Hewan langka bisa dibilang semacam pajangan saja kalau demikian. Kuncinya adalah pendidikan. Hewan langka memberikan pendidikan kepada kita, karena itu manusia merasa wajib menjaganya untuk anak cucu selanjutnya. Keberadaan mereka bisa menjadi bahan pembelajaran.

Tidak melulu pendidikan melalui hewan langka ini sains. Memang sains mendapat pengetahuan tambahan dari keberadaan hewan langka ini. Namun demikian hewan langka ini bisa memberikan inspirasi bagi kehidupan manusia secara lebih luas. Sama seperti kita menjaga karya seni dan barang-barang di museum, bahkan lebih lagi. Ini karena manusia terus membuat barang seni, berbeda dengan makhluk hidup yang bukan ciptaan manusia.

Selain itu dalam pendidikan mungkin suatu hari nanti penelitian terhadap hewan langka ini bisa bermanfaat bagi manusia. Dengan kata lain hewan langka bisa menyimpan potensi bagi manusia.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Kenapa Kita Harus Mempertahankan Spesies Langka?”

Silakan Beri Komentar