Kupu-kupu Chuang Tzu atau Chuang Tzunya kupu-kupu

“Apakah saya bermimpi bahwa saya kupu-kupu, apakah saya kupu-kupu yang bermimpi jadi orang” Ayolah! Ini adalah salah satu frase yang paling terkenal dari dunia filsafat. Kalian pasti mengenal kata-kata ini. Jika tidak coba carilah mengenai kupu-kupu dan filsafat. Antara mimpi dan kupu-kupu.

Biar saya kutip secara utuh :

“Pada suatu saat saya Chuang Tzu, memimpikan saya seorang kupu-kupu, Terbang kesana dan kemari. Kupu-kupu yang bahagia, melakukan keinginannya, tidak sadar bahwa dirinya Chuang Tzu. Tiba-tiba saya bangun, ngatuk, dan mengenal dirinya Chuang Tzu lagi. Sekarang saya tidak tidak tahu lagi apakah saya seorang Chuang Tzu yang bermimpi menjadi Chuang Tzu, ataukah saya kupu-kupu yang bermimpi menjadi orang. Antara kupu-kupu dan orang ada batas. Perubahan ini dinamakan perubahan benda-benda.”

Chuang Tzu menggambarkan skeptisismenya secara sangat indah, nyaris seperti sastra yang menawan (Bagi yang tidak tahu skeptisisme itu gampangnya keraguan carilah di wikipedia sana!). Apakah anda yakin ketika anda bangun dari tidur anda anda adalah seorang yang baru bangun dari mimpi kupu-kupu, ataukah kupu-kupu yang sedang bermimpi jadi anda. Anda tidak bisa mengetahuinya, karena ketika anda sedang menjadi kupu-kupu anda memiliki pikiran kupu-kupu. Sebaliknya saat anda bangun anda memiliki pikiran manusia dan menjadi manusia. Apakah anda yakin pikiran anda saat menjadi manusia itu benar, padahal anda mengakui bahwa ketika dalam mimpi pikiran anda kupu-kupulah yang benar.

Ini menunjukkan ada perubahan antara manusia dan kupu-kupu. Kupu-kupu menjadi sebagaimana kupu-kupu, manusia sebagai manusia. Manakah yang benar? Apakah kupu-kupu ataukan manusia. Siapa tahu? Setidaknya Chuangtzu mengatakan dalam karyanya bahwa saat itu dia tidak bisa menentukannya.

Saya juga kadang berfikir kalau sedang melamun, apakah saya kupu-kupu atau manusia. Tapi toh kalaupun saya seorang kupu-kupu yang sedang bermimpi jadi manusia, kupu-kupu ini toh sudah harus menyelesaikan tulisan ini. Manusia atau kupu-kupu? Ah, Setidaknya kupu-kupunya bahagia..

  • http://en.wikiquote.org/wiki/Zhuangzi
  • http://www.humanistictexts.org/chuang.htm
Tags: , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Kupu-kupu Chuang Tzu atau Chuang Tzunya kupu-kupu”

Silakan Beri Komentar