Pembagian Manusia dalam Pandangan Plato

Dalam pandangan Plato, Jiwa manusia dibagi menjadi tiga bagian. Tiga bagian manusia itu adalah bagian Rasional, bagian Kehendak dan bagian nafsu-nafsu. Pembagian Plato ini kelihatannya sesuai dengan filsafat kenegaraannya.

Bagian paling rendah dari jiwa manusia adalah bagian nafsu-nafsu. Bagian ini bisa dilambangkan bagian perut ke bawah. Bagian ini merupakan bagian yang berperan dalam nafsu-nafsu rendah manusia dan hal-hal materialistis. Ini merupakan bagian jiwa yang paling rendah.

Bagian yang kedua adalah bagian kehendak. Bagian ini dilambangkan sebagai bagian dada. Bagian ini merupakan bagian semangat, bagian yang memberi kekuatan. Bagian dari kehendak adalah: keberanian, gila hormat dan kemarahan yang adil. Bagian tengah ini bisa cenderung mendukung bagian yang paling rendah, atau bisa mendukung yang lebih tinggi. Bagian ini bisa digambarkan sebagai semangat.

Bagian yang paling tinggi adalah bagian rasio atau bagian kepala. Bagian ini merupakan bagian paling tinggi dan bagian paling baik dari yang lainnya. Seseorang diharapkan untuk mematuhi dan hidup dari bagian yang rasio ini.

Plato memberikan perumpamaan dari nafsu-nafsu ini dengan kereta yang ditarik dua ekor kuda. Kuda satu menarik ke arah bawah. Ke arah dunia kebendaan. Yang kedua ke arah atas. Ke arah dunia ilahi. Yang menarik ke arah atas bisa dikatakan sebagai Rasio sedangkan yang menarik ke arah bawah adalah nafsu. Yang menjadi pengendali kereta kudanya adalah bagian tengah atau bagian kehendak. Bagian inilah yang mengenalikan dan mengarahkan ke mana dia harus mengikuti apakah ke kehidupan rasional ataukah ke kehidupan duniawi.

Dengan ini Plato menyarankan bahwa kehidupan yang lebih tinggi adalah kehidupan yang rasional. Kehidupan yang rasional adalah kehidupan yang paling baik di mata Plato.

Sumber: Harun Hadiwijono, sari sejarah filsafat barat.

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Pembagian Manusia dalam Pandangan Plato”

Silakan Beri Komentar