Wu Wei Sebuah Tindakan Alamiah yang Mengalir Begitu Saja

Wu Wei adalah istilah dalam Filsafat Taoisme yang mengajarkan mengenai tidak bertindak. Yang dimaksud Wu-Wei yaitu tidak bertindak bukan berarti tidak melakukan apapun. Sebaliknya seseorang bisa nampak bekerja sangat keras namun pada dasarnya dia berada dalam Wu-Wei.

Dalam kehidupan manusia seringkali perbuatan dibuat-buat terlebih dahulu. Ini menghasilkan perbuatan yang penuh dengan kepalsuan. Tiap perbuatan dipikirkan terlebih dahulu. Perbuatan di pikir dahulu memang hal yang baik, namun terlalu banyak berfikir menghasilkan kecemasan. Kecemasan ini sendiri membuat kita menjadi ragu-ragu dalam melangkah. Akhirnya kita kehilangan konsentrasi pada masa kini karena terlalu banyak berfikir.

Seperti halnya seorang penari. Apabila dia selalu memikirkan tiap gerakannya maka dia akan kesulitan dalam melangkah. Langkah seorang penari yang sudah ahli seharusnya luwes dan mengikuti musik tidak harus dipikirkan satu-satu terlebih dahulu. Bergerak secara intuitif mengikuti musik.

Seorang penembak jitu ketika mengikuti suatu lomba ketika dia dihadiahkan suatu barang yang tidak terlalu mahal, kemampuannya bisa digunakan dengan baik dan menembak dengan tepat. Malah ketika hadiahnya menjadi segentong emas, dia menjadi takut dan ragu-ragu karena dipenuhi pikiran tentang emas. Akhirnya dia tidak bisa menembak dengan baik.

Dalam alam ini berbeda dengan manusia mereka melakukan dengan natural dan spontan begitu saja. Air mengalir ke bawah. Hewan mengikuti instingnya. Taoisme mengajarkan manusia supaya kembali seperti alam ini. Tindakan alam mengalir begitu saja. Tindakan inilah yang dinamakan “Wu-Wei.”

Kadang memang Wu-Wei benar-benar tidak bertindak. Diam dan menunggu dengan tenang merupakan salah satu gerakan yang penting. Menunggu alam untuk bertindak dan tidak memaksakan diri. Bertindak kadang malah merusak proses alamiah dan membuat kacau. Akhirnya masalah malah bertumpuk. Namun Wu-Wei juga bisa diartikan bergerak sesuai dengan gerak alam, sehingga seperti tidak bertindak.

Wu-Wei ini kadang bahkan harus dilatih. Seorang koki yang pemula ketika dia memegang pisau dia masih harus memikirkan prosesnya satu demi satu. Semakin banyak dia berlatih maka semakin lama dia melakukannya secara insting dan otomatis.

Tags: , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Satu tanggapan untuk “Wu Wei Sebuah Tindakan Alamiah yang Mengalir Begitu Saja”

  1. glaydenty
    March 12th, 2012 at 12:15 | #1

    wu wei itu hukum perubahan alam yang beraneka ragam. manusia memiliki wu wei-NYA masing-masing (dalam hal ini dibaca:kemampuan)

Silakan Beri Komentar