Ironi Socrates

Ironi Sokrates adalah suatu teknik diskusi yang dilakukan oleh filsuf Sokrates yaitu dengan cara berpura-pura bodoh. Dengan berpura-pura bodoh dan tidak tahu mengenai apa yang dibicarakan lawan biaranya Sokrates bisa menghilangkan sifat waspada dari lawan bicara dan kemudian menggiringnya. Jika lawan bicara sudah digiring dia dengan mudah disudutkan dan dipaksa untuk mengakui bahwa pengetahuannya mengenai hal itu masih kurang.

Dengan berpura-pura tidak tahu lawan bicara menjadi kurang waspada dan lebih terbuka. Memang cara ini bisa dianggap licik. Namun demikian cara ini nampaknya sangat berhasil dalam dialog-dialog Socrates. Socrates bertanya mengenai bidang-bidang yang katanya dikuasai lawan bicara. Tak lama kemudian Socrates bisa menyudutkan dan menunjukkan kontradiksi di pemikiran lawan.

Cara Sokrates ini bisa dibilang kurang ajar tapi juga bisa dibilang rendah hati. Cara ini bisa digunakan untuk berdialog dengan orang yang amat sangat kolot. Dalam perdebatan bisa jadi orang semacam ini hanya akan mengarahkan diskusi pada debat kusir. Apalagi karena sebelumnya sudah berada pada mode defensif.

Sebaliknya dengan teknik Sokrates ini maka dia akan lebih terbuka. Ini karena anggapan bahwa lawan bicara merasa lebih tahu dari dirinya. Dia bisa dengan mudah dan lebih tenang mengungkapkan pemikiran-pemikirannya. Ketika dilabrak secara langsung tembok pemikirannya itu begitu kuat tentu saja akan mempertahankan diri. Pemikiran semacam itu semakin sulit ditembus.

Walaupun cara ini kelihatannya licik, di sisi lain cara ini membuat seseorang tidak terlalu arogan dalam menjelaskan sesuatu. Orang yang mencoba menjelaskan kadang terlihat sok tahu dan arogan sehingga masukan dari orang semacam itu susah diterima. Apalagi sekaligus mengajar untuk berfikir tentang masalah-masalah yang rumit. Dan lagi Socrates lebih suka membimbing pemikiran daripada mengajarkan sesuatu. Dia berusaha mengeluarkan pengetahuan yang benar dari lawan bicaranya.

Teknik ini cocok sekali dengan Socrates yang prinsipnya adalah yang dia tahu bahwa dirinya tidak tahu. Sayangnya bisa jadi teknik ini membuat orang kesal.

Tags: ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Ironi Socrates”

Silakan Beri Komentar