Apakah Lingkungan itu?

Orang seringkali menyebut pohon, hewan, hutan sebagai lingkungan. Segala yang berbau lingkungan adalah sesuatu yang serba hijau, seperti pemandangan di gunung atau di hutan. Sungai yang mengalir jernih. Pohon yang menjulang tinggi. Itu adalah bagian dari lingkungan, itu benar. Namun lingkungan tidak terbatas pada hal-hal semacam itu saja.

Lingkungan termasuk baik biotik ataupun abiotik. Lingkungan terdiri oleh benda-benda hidup. Misalnya manusia, serangga, mikroba, bahkan kuman-kuman yang kecil. Selain itu lingkungan juga termasuk benda mati. Benda mati ini contohnya adalah batu, air, es, udara. Benda-benda mati ini termasuk bagian dari lingkungan. Bahkan komputer, mouse, lemari atau sampah itu juga termasuk bagian dari lingkungan.

Jika kita melihat di sekitar kita, kita langsung melihat lingkungan. Coba anda melihat beralih dari monitor anda. Anda mungkin melihat keyboard, mouse, flash disk, dan CPU. Anda mungkin melihat kursi, kemudian berbagai benda di kamar anda, kursi mungkin, kasur mungkin. Anda juga bisa melihat lampu yang memberi cahaya, kemudian anda mungkin bisa merasakan udara, atmosfer yang ada di atas sana. Kita merasakan semua itu, terpengaruh akan semua itu. Semua membentuk suatu sistem bersama.

Satu hal saja berubah di lingkungan kita. Contohnya almari saja berubah letak, tentu akan bisa mengganggu stabilitas seluruh ruangan. Apalagi jika yang berubah itu adalah sesuatu yang lebih besar, misalnya iklim. Pengaruhnya terhadap manusia tentu jauh lebih besar. Karena itu manusia patut menjaga lingkungannya, karena apapun yang dilakukan manusia akan berbalik lagi ke diri manusia itu. Apalagi manusia diberi kekuatan yang amat besar dengan pikirannya.

Bahkan ada pula yang memasukkan objek-objek pikiran dan budaya manusia itu sebagai suatu objek dari lingkungan. Pikiran-pikiran manusia dan ide-idenya, ketika dia berubah juga bisa mempengaruhi sistem dimana kita hidup.

Tags: , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Apakah Lingkungan itu?”

Silakan Beri Komentar