Invisible Hand

Invisible Hand adalah suatu istilah ekonomi yang menggambarkan kekuatan pasar dalam mengatur harga. Ini karena pasar merupakan suatu bentuk mistis penyusun harga yang paling baik. Jika kita serahkan kepada pasar semua pasti beres. Rasanya seperti menyerahkan semuanya kepada Tuhan saja.

Istilah Invisible Hand sebenarnya adalah istilah yang digunakan oleh ilmuan Adam Smith dalam merumuskan sebuah keinginan pribadi, kompetisi dan supply-dan demand. Dengan menyerahkan ke pasar maka akan ada sebuah tangan tidak tampak yang sepertinya mengatur perekonomian.

Menyerahkan keputusan ekonomi ke pasar adalah suatu yang masuk akal. Bahkan tidak hanya itu, rasanya itu merupakan kewajiban yang harus dilakukan agar sebuah negara bisa mencapai kemakmuran. Sistem ekonomi yang tidak menyerahkan minimal sebagiannya pada proses pasar biasanya tidak berakhir lama. Sistem ekonomi yang diatur oleh pemerintah seperti pada negara-negara komunis zaman dahulu perlahan lahan ditinggalkan.

Digantilah dengan sistem yang membuka diri terhadap sistem pasar. Sudah terbukti bahwa sistem terbuka ini lebih membawa kemakmuran daripada sistem tertutup. Sayangnya sebagian orang seringkali memanfaatkan pasar yang terbuka ini untuk keuntungan pribadinya. Dengan berbagai cara-cara licik dia kemudian memanfaatkan pasar supaya berada di bawah kendalinya. Ini tentu saja membawa kerugian di bidang ekonomi.

Dalam sistem pasar bebas macam ini selalu ada bahaya bahwa seorang individu menumpangi sistem dan kemudian mengendalikan sistem. Orang-orang ini bisa menggunakan cara-cara licik untuk memonopoli pasar. Akhirnya merekalah tangan tidak terlihat yang mengendalikan pasar.

Karena itu pemerintah seringkali menggunakan tangan-tangan hukum, untuk menindak mereka yang menjadi tangan-tangan tidak tampak dan menggunakannya untuk mencopet uang. Karena itulah pemerintah bagaimanapun diperlukan untuk mengendalikan kompetisi pasar agar kita mendapat keuntungan bersama.

Tags: ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Invisible Hand”

Silakan Beri Komentar