Negara Ideal Plato dan Naruto

Plato sang filsuf Yunani kuno pernah menulis mengenai gambarannya mengenai negara ideal dalam bukunya yang disebut Republik. Dalam buku itu Socrates sebagai tokoh utama mencoba menganalisis seperti apa negara Ideal itu. Bagi Plato negara Ideal adalah suatu negara yang sangat tersusun dan terkontrol. Begitu terkontrolnya Plato mengusulkan untuk menyensor musik dan dongeng. Ide mengenai penyensoran sekitar duaribu limaratus tahun yang lalu.

Sebuah negara Ideal memiliki tiga golongan yang pertama Pefect Guardian, Guardian dan orang biasa. Plato memiliki Ide bahwa manusia dilahirkan dengan kemampuan berbeda-beda. Ada yang berbakat jadi pedagang dan ada yang berbakat jadi petani. Jika orang-orang pekerja kasar itu dipaksa menekuni matematika itu namanya penyiksaan. Jadi perlu dipilih mereka yang selain kuat juga berkemampuan dalam pikirannya.

Orang yang gagal dalam seleksi akan masuk ke kelas orang biasa, atau kelas pekerja. Sedangkan mereka yang berhasil dan bisa berfikir dengan baik akan masuk ke kelas Guardian. Para Guardian ini merupakan kelas politikus militer. Merupakan kelas manusia unggulan. Mereka selain pandai bertarung, juga pandai dalam urusan pemikiran. Karena itu mereka menjadi kelas yang menjaga sebuah negara (atau Polis). Kebebasan para Guardian ini dalam kepemilikan pribadi dibatasi. Bahkan mereka tidak memiliki istri. Berkembang biak diatur tanpa sistem pernikahan.

Diantara mereka dipilih Guardian yang paling brilian. Dia adalah perfect Guardian, atau Guardian yang paling sempurna. Inilah Raja-Filsuf. Dialah yang akan mengatur sebuah negara.

Jika ditilik secara sekilas sistem ini mirip sekali sistem desa ninja di Anime Naruto. Kelas-kelas bisa diganti, Pekerja = orang biasa, Guardian = Ninja, Perfect Guardian = Hokage. Bahkan bentuk negara juga mirip karena bentuk desa Ninja adalah Polis. Terutama secara mengejutkan lagi bahwa negara yang dibentuk Plato merupakan negara khusus yang menjadi negara militer. Menyerupai hubungan desa dan negara di dunia Naruto.

Mengesampingkan soal Naruto, bentuk negara milik Plato ini sering dikritik menjadi negara yang otoriter. Ini karena Plato sangat percaya dengan teorinya mengenai Raja Filsuf.

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Negara Ideal Plato dan Naruto”

Silakan Beri Komentar