There’s nowt so queer as folk

Judul di atas diambil dari sebuah pepatah kuno yang kira-kira berarti “Tidak ada yang lebih aneh dari orang”. Sepertinya pepatah ini ada benarnya. Manusia adalah makhluk yang paling aneh dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya. Manusia adalah makhluk yang mampu mengalahkan segala hukum logika yang ada dan mampu berbuat sesuatu tanpa alasan yang jelas.

Inilah yang menyebabkan manusia tidak bisa dilihat dari sekedar benda mati seperti bidang fisika. Ini membiakkan kesulitan-kesulitan khusus dalam metodologi bidang-bidang humaniora. Ini karena tidak hanya manusia yang diteliti, namun juga manusialah yang menelitinya dan kemudian dibaca manusia. Berputarlah lingkaran itu dari manusia, untuk manusia dan ke manusia.

Manusia juga seringkali berkelahi untuk masalah yang sepele dan berebut untuk suatu hal yang tidak penting. Pertimbangkan sebuah permainan sepak bola. Sepertinya hanya manusia saja yang begitu antusias dengan duapuluh dua orang memperebutkan satu bola di tengah lapangan yang luas. Bahkan mereka yang menonton sangat antusias sampai mereka mempertaruhkan nyawa untuk itu.

Manusia jugalah yang punya kemampuan untuk bunuh diri. Saya tidak pernah mendengar hewan selain manusia memiliki kemampuan bunuh diri. Memang ada hewan yang mengorbankan dirinya demi anak-anaknya. Tetapi dalam kasus manusia, bunuh dirinya tidak jelas. Bisa jadi sekedar ditinggal kekasih atau lain sebagainya.

Menurut teori evolusi manusia itu tidak ada bedanya dengan cacing atau kera. Tapi jika dilihat secara betul-betul manusia itu sangat unik karena manusia itu satu-satunya makhluk yang menganut prinsip Evolusi. Kera atau cacing mana mungkin punya pengertian macam itu.

Manusia itu sangat ingin tahu dan sangat kreatif mereka-reka sesuatu. Jika mereka sudah selesai satu hal mereka bisa saja membuat hal lain yang jauh lebih aneh. Mungkin memang “Nothing is as Queer as a Folk”

Tags: ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “There’s nowt so queer as folk”

Silakan Beri Komentar