Apakah anda ingin memiliki robot di rumah?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan simpel dan kedengarannya keluar dari orang yang kebanyakan menonton fiksi ilmiah. Tapi mungkin juga tidak salah. Bagaimanapun pertanyaan ini sangat penting bagi masa depan. Mari kita coba sebuah eksperimen pikiran.

Coba bayangkan sebuah perusahaan akan mengeluarkan seperangkat robot yang dijual murah. Robot ini merupakan robot serba guna. Dia merupakan robot yang bisa diperintah untuk pekerjaan rumah tangga. Dia bisa mencuci, memasak, menyapu, mengepel. Segala pekerjaan rumah tangga bisa dikerjakannya. Harganya juga tidak begitu mahal. Bisa dikatakan ini adalah robot pelayan.

Tentu saja semua orang menginginkan teknologi macam ini. Tapi percaya atau tidak teknologi semacam ini membiakkan berbagai permasalahan etik. Terutama bagian robot yang berbentuk manusia.

Bagaimana kita manusia memperlakukan sebuah robot. Robot bukanlah manusia, dia sangat berbeda dengan manusia karena robot masih diperdebatkan memiliki kesadaran atau tidak. Bagaimana jika seseorang melakukan kekerasan terhadap robot. Misalnya menyiksa robot rumah tangga. Sangat konyol untuk memasukkannya ke pengadilan, sama konyolnya dengan memperkarakan seseorang yang memukuli televisinya sendiri.

Tapi kekerasan semacam ini juga sudah menjadi perkara serius. Sebagai contohnya film-film yang menggambarkan kekerasan seringkali dituduh membiakkan prilaku-prilaku kekerasan. Bisa jadi kekerasan terhadap robot berujung pada kekerasan terhadap manusia lainnya. Sebaliknya memperlakukan robot secara manusiawi bisa berujung pada masalah psikologis bagi para pemiliknya. Karena robot itu pada dasarnya benda mati.

Ini akan menghasilkan perdebatan serius di bidang filsafat etika dan filsafat teknologi. Jelas sekali teknologi robot terus berkembang dari hari ke hari. Mungkin saja keberadaan robot pembantu semacam ini bukan lagi sekedar impian kosong. Pertanyaannya apakah kita sudah siap dengan kehadiran robot di sekitar kita?

Tags: , ,

AUTHOR

# Bisa dibilang filsuf bisa juga dibilang wong sableng...

Belum ada tanggapan untuk “Apakah anda ingin memiliki robot di rumah?”

Silakan Beri Komentar