Rene Descartes – Rasional dan Skeptisisme

Rene Descartes (1596-1650) adalah seorang filsuf dari Perancis, ahli matematika dan saintis yang mendapat pendidikan di sekolah Jesuit. Ia menentang terhadap cara pendidikan yang pernah diterimanya dan mengemukakan akan penggunaan akal sebagai alat penyelidikan filsafat, demikianlah alasan Descartes disebut rasionalis.

Adanya penentangan oleh Descartes konflik yang selalu berkembang antara spirit dari Abad Pertengahan dan spirit dari Masa Renaisans tampak dalam filsafat Descartes.

Sebagai pemikir modern yang pertama mempelajari persoalan metode berfilsafat, ia diberi gelar “father of modern philosophy”. Ia menggunakan metode skeptisisme. Ia berkata bahwa ada dua macam substansi yang berpikir atau akal dan substansi yang terpapar (extended substances) atau “matter”.

Kesehatan Descartes yang lemah, tetapi kemampuannya yang luar biasa, ia diberi keleluasaan istimewa selama belajar, seperti menyelesaikan pekerjaan pentingnya sambil berbaring di tempat tidur, belajar dan berpikir secara bebas. Kemudian ia memasuki dinas militer dari negara yang bersahabat dengan Perancis, di situ keahliannya di bidang matematika sangat dihargai dan ia dapat membaca serta melakukan banyak perjalanan.

Ia menetap di Belanda selama 20 tahun dan meninggal di Swedia. Karya utamanya di bidang filsafat ialah Discourse on Method, Meditations dan Principles.

Daftar Pustaka

Titus, Harold H., 1984. Persoalan-persoalan Filsafat. Jakarta: Penerbit Bulan Bintang.

Tags: , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

6 tanggapan untuk “Rene Descartes – Rasional dan Skeptisisme”

  1. June 22nd, 2010 at 03:11 | #1

    Kelemahan kesehatan ternyata tidak menghalangi orang jadi jenius. Salam kenal. Sukses selalu.

  2. June 22nd, 2010 at 03:15 | #2

    Salam sukses, kawan.

  3. June 26th, 2010 at 10:20 | #3

    Waktu jaman ini, apa kabarnya Indonesia ya??

  4. July 3rd, 2010 at 23:46 | #4

    keren juga ya gan………………………

  5. December 11th, 2010 at 21:52 | #5

    emang sakti ya tu orang..kalau saya, dengar nama Descartes itu sebagai ahli kalkulus yang memberikan fondasi penting dlm ilmu geometri.

  6. Johni Molantong
    April 7th, 2011 at 00:54 | #6

    artikelx bagus-bagus ia namanya juga rajin ngenet

Silakan Beri Komentar