Aurellius Augustinus Hipponensis Antara Kristen dan Filsafat

St. Augustine atau Aurellius Augustinus Hipponensis adalah seorang Uskup dari Hippo. Sama seperti Tertullianus, ia juga seorang pendeta gereja Latin. Namun, Augustinus lebih dikenal sebagai tokoh Kristen Barat yang paling berpengaruh. Augustinus dapat dikatakan sebagai orang yang telah berhasil mendamaikan pertentangan antara ajaran Kristen dengan pemikiran filsafat. Oleh karena itu, ia adalah seorang teolog dan juga filsuf.

Argumen Augustinus yang membuat perdamaian antara Kristen dan filsafat adalah tentang keberadaan dari segala sesuatu termasuk manusia. Adanya sesuatu dapat dipikirkan oleh manusia dengan akalnya (dalam hal ini berfilsafat) dengan pertimbangan yang tidak terbatas, ada kenyataan yang tidak berubah, kenyataan tersebut tidak lain adalah Allah. Tidak dapat disangkal bahwa pembuktian Allah secara langsung tidak dapat ditunjukkan, tetapi menurut Augustinus kesaksian tentang adanya Allah dengan mengungkap segala sebab dan gejala merupakan usaha bahwa kebenaran itu ada dan dapat dimengerti.

Menurut Augustinus penciptaan oleh Allah adalah proses dari “yang tidak ada” menjadi “berada”. Penciptaan adalah seuatu creatio ex nihilo. Allah membuat sesuatu, jadi sebelumnya tidak ada satu pun sesuatu selain Allah. Penciptaan oleh Allah membuat segala yang diciptakan (dunia) menjadi bersifat berubah. Dunia beserta isinya bukan berarti zat langsung dari Allah, tetapi merupakan idea-idea Allah, dengan kata lain dapat disebut sebagai anugrah yang diberikan.

Manusia termasuk ciptaan Allah dan juga mendapat bagian dari idea-idea Allah. Jiwa adalah yang paling terpenting dalam diri manusia. Jiwa merupakan salah sisi idea yang diturunkan dari Allah. Jiwa tercipta bersamaan dengan tubuh, tetapi jiwa tidak dapat lenyap. Oleh karenanya, jiwa bisa mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.

Daftar Pustaka

  • Hadiwijono, Harun. 2005. Sari Sejarah Filsafat Barat I. Penerbit: Kanisius. Yogyakarta.
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Patristics
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Augustine_of_Hippo
Tags: , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Satu tanggapan untuk “Aurellius Augustinus Hipponensis Antara Kristen dan Filsafat”

  1. nora
    August 8th, 2010 at 17:45 | #1

    thanks a lot for your informations

Silakan Beri Komentar