Quintus Septimius Florens Tertullian Bapak Kristiani Latin

Quintus Septimius Florens Tertullian atau Tertulianus dikenal sebagai bapak kaum Kristiani Latin karena ia telah membuat tulisan bercorak Kristen dalam bahasa Latin. Selain itu, ia juga dikenal sebagai salah seorang Apologis agama Kristen. Penggunaan kata Trinitas sampai sekarang juga merupakan buah karya Tertullianus dalam mempermudah penjelasan konsep agama Kristen.

Tertullianus dipengaruhi oleh pendapat Plato bahwa jiwa bukan hasil dari praeksistensi melainkan diturunkan dari orang tua. Oleh karenanya, maka setiap jiwa selalu terkait dengan keturunan pertama yaitu Adam. Adam sendiri merupakan hasil dari ciptaan Allah sehingga setiap jiwa manusia mengandung unsur Allah dari agama Kristen.

Ajaran filsafat menurut Tertullianus merupakan ajaran sesat. Segala kebaikan yang diajarkan oleh filsafat bersumber dari Kitab Suci Kristen, tetapi kebaikan tersebut tidak sungguh-sungguh baik karena telah dimanipulasi oleh filsafat tersendiri yang dimiliki orang Yunani sehingga mengakibatkan adanya pertentangan substansi pemikiran.

Kaitan filsafat dengan keberadaan akal sehat memang sangat erat, tetapi bukan berarti Tertullianus menolak berpikir secara akal sehat atau rasional. Menurutnya, berpikir rasional merupakan salah satu jalan untuk menemukan Allah.

Daftar Pustaka

http://en.wikipedia.org/wiki/Patristics

Tags: , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Quintus Septimius Florens Tertullian Bapak Kristiani Latin”

Silakan Beri Komentar