Titus Clavius Clemens Sang Teolog Kristen

Titus Clavius Clemens yang hidup sekitar antara tahun 150 sampai tahun 215 adalah seorang teolog kristen dari Aleksandria. Semasa hidupnya ia telah mencoba untuk mempersatukan pemikiran filsafat Yunani dan agama Kristen sekaligus menilai gnostisisme sehingga dapat menyatukan semua orang.

Clemens bukanlah seorang Gnostis, tetapi ia adalah seseorang yang ingin mengubah konsep Gnostik yang dikemukakan oleh penganut Gnostisisme. Perubahan itu terletak pada konsep Gnostik yang berubah menjadi sebuah pemahaman mendalam agama Kristen terhadap Logos. Jadi, seorang Kristen yang memiliki pemahaman mendalam terhadap Logos barulah disebut Gnostik.

Gnostik dalam ajaran Clemens artinya adalah ilmu sejati dan bukan merupakan sebuah aliran baru. Dengan demikian, Gnostik dipahami sebagai sebuah pengetahuan atau aktivitas akal mendalam terhadap Logos yang digunakan untuk memahami dan mengimani Allah lebih jauh lagi.

Daftar Pustaka

http://en.wikipedia.org/wiki/Clement_of_Alexandria

Tags: , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Titus Clavius Clemens Sang Teolog Kristen”

Silakan Beri Komentar