Fungsi Hidraulik dan Simulasi Hidraulik Menurut Triatmadja

Simulasi hidraulik pada umumnya untuk menghindari atau mengurangi kemungkinan kesalahan pada rancangan bangunan keairan. Bangunan keairan yang berisiko tinggi terhadap kegagalan misalnya tidak efektif, tidak efisien atau kegagalan yang membahayakan kehidupan dan lingkungan seharusnya dikaji menggunakan simulasi hidraulik sebelum rancangan akhir ditentukan.

“Untuk itu penelitian yang menjawab tantangan berbagai macam kesalahan dalam model dan simulasi perlu terus ditingkatkan dengan dukungan investasi alat simulasi, kontrol dan akuisisi data yang memadai,” ujar Prof Ir Radianta Triatmadja PhD pada saat menyampaikan pidato pengukuhan guru besar pada Fakultas Teknik UGM di Balai Senat UGM Bulaksumur, Senin (29/3).

Di depan Rapat Terbuka Majelis Guru Besar (MGB) UGM, bapak seorang anak Daniel Laksama Abdonian Radianta dari perkawinannya dengan Dra Triwidati Laksmini Kisdiarsi menyampaikan judul pidato ‘Manfaat dan Tantangan Simulasi Hidraulik dalam Perencanaan dan Pengelolaan Bangunan Keairan’. Dari berbagai pekerjaan yang telah dilakukannya terdapat beberapa kesimpulan.

Di antaranya, simulasi hidraulik dapat menghemat biaya investasi, efisiensi pengelolaan, meningkatkan keyakinan terhadap keamanan bangunan dan lingkungannya serta berkurangnya human error. Perancangan software Water-Net (software untuk perencanaan dan pengelolaan jaringan perpipaan air minum) sejak tahun 2000 ini mengingatkan kembali sebagai negara maritim.

Sebagai negara maritim Indonesia memiliki kekayaan pantai terpanjang kedua di dunia, sehingga dituntut untuk melakukan usaha pengelolaan, perencanaan, pengembangan, pemanfaatan, perlindungan dan konservasi sebaik-baiknya. Semua usaha tersebut seringkali tidak lepas dari simulasi hidraulik sebagai pendukungnya. Bangunan keairan yang berisiko tinggi terhadap kegagalan misalnya tidak efektif.

Sumber: Kedaulatan Rakyat, Rabu 31 Maret 2010

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Fungsi Hidraulik dan Simulasi Hidraulik Menurut Triatmadja”

Silakan Beri Komentar