Talkshow Public Relations Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar talkshow public relations (PR) di kampus setempat, Kamis (25/3). Seminar mengambil tema “Who’s the Real Public Relations?”.

Presiden International Public Relations Association (IPRA) Elizabeth Gunawan Ananto dalam paparannya mengungkapkan, selama ini Public Relations seringkali dipisahkan dari sebuah sistem manajemen. Apabila ada sebuah masalah pada sebuah institusi maka saat itulah PR diturunkan. Padahal seharusnya PR tidak diposisikan seperti itu.

“Padahal PR harus diposisikan sebagai bagian dari sistem tersebut. PR memang mencakup banyak hal, salah satunya adalah menjual. PR dapat menjual banyak hal mulai dari yang tangible seperti produk dan intangible seperti pelayanan, pembentukan image dan reputasi, dan lain-lain,” paparnya. Menurut Elizabeth, PR tidak harus selalu mempromosikan dirinya atau institusi yang dia pegang secara langsung. Namun menggunakan the third party atau orang ketiga untuk mempromosikannya. Orang ketiga merupakan orang yang telah merasakan promosi besar-besaran secara langsung.

Contohnya, jika sebuah universitas berhasil menciptakan output ataupun lulusan yang unggulan maka profil lulusan yang berhasil itulah yang menjadi orang ketiga untuk mempromosikan universitas tersebut.

Sumber: Bernas Jogja, 26 Maret 2010

Tags: , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Talkshow Public Relations Universitas Muhammadiyah Yogyakarta”

Silakan Beri Komentar