Siswa Dilarang Membawa HP ke Ruang Ujian Nasional

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2009/2010 ini dipastikan akan lebih ketat dari tahun sebelumnya. Hal itu menyusul dikeluarkannya Prosedur Operasional (POS) UN SMP/MTs dan SMA/MA tahun pelajaran 2009/2010 No 2049/BNSP/II/2010 untuk revisi/pembaruan POS UN yang telah ada sebelumnya.

Ditemui di ruangan kantornya, Kamis (18/03) kemarin, Sekretaris UN Kota Yogyakarta, Rochmat menyatakan dalam POS baru tersebut terdapat rincian sanksi cukup berat yang diberikan terkait berbagai pelanggaran pelaksanaan UN, baik itu kepada siswa, guru, penyelenggara satuan pendidikan, pengawas hingga percetakan yang menggandakan soal-soal UN.

Dalam POS tertanggal 24 Februari 2010 tersebut, disebutkan, siswa yang diketahui menggunakan HP di ruang ujian setelah dilakukan pemeriksaan akan dapat langsung dikenai sanksi tidak lulus pada mata pelajaran bersangkutan. Sanksi yang sama juga berlaku jika siswa diketahui menyebarkan atau membawa dan menggunakan jawaban soal UN ketika UN berlangsung, serta bekerja sama setelah diberi peringatan sebanyak tiga kali oleh pengawas.

Sanksi tegas tak hanya berkala untuk siswa, namun juga diterapkan pada guru serta pengawas. Guru yang diketahui mengedarkan atau menyebarkan jawaban dapat dikenai sanksi sesuai PP No. 30 tahun 1980 tentang peraturan disiplin PNS. Sanksi yang sama juga dapat diterima apabila guru mata pelajaran berada di lingkungan sekolah pada saat pelajaran tersebut diujikan.

Selain itu pengawas juga tidak diperkenankan membaca soal dalam ruang ujian serta dilarang bercakap-cakap dalam ruang hingga mengganggu suasana ujian.

“Hal-hal tersebut sebenarnya sudah diatur dalam POS yang ada sebelumnya. Hanya saja memang dalam POS lama itu, tidak ada tindakan atau sanksi yang jelas. Sementara dalam POS baru ini, semua sanksi dan tindakan terhadap segala jenis pelanggaran yang harus dilakukan dipaparkan dengan jelas,” ujarnya kemarin.

Rochmat menyatakan seriusnya pelaksanaan UN tahun ini tidak lepas dari upaya meningkatkan integritas dan kredibilitas UN tahun 2009/2010. “Kita harapkan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan ini akan dapat memperbaiki kualitas hasil UN, sebab suksesnya pelaksanaan UN ini juga terkait dengan peningkatan kualitas serta mutu pendidikan kita,” ujarnya.

Sumber: Bernas Jogja, Jumat 19 Maret 2010

Tags: , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Belum ada tanggapan untuk “Siswa Dilarang Membawa HP ke Ruang Ujian Nasional”

Silakan Beri Komentar