Siap Menghadapi Ujian Nasional 2010 Untuk SMP

16 Februari 2010 – Tadi siang saya membeli sebuah buku yang berjudul Siap Menghadapi Ujian Nasional 2010. Buku tersebut berisikan kumpulan soal untuk menghadapi UNAS SMP tahun 2010 ini. Alasan saya membeli buku tersebut dikarenakan mandat sang ibu untuk membelikan buku kumpulan soal yang penerbitnya berasal dari kota Yogyakarta. Adik saya yang sudah menginjak kelas IX (3 SMP) harus belajar penuh untuk menghadapi UNAS tahun 2010.

Saya membeli kumpulan soal tersebut di Gramedia Yogyakarta yang terletak di sebelah timur Mal Galeria. Lokasi persisnya tidak saya sebutkan karena memang tidak tahu nama jalannya :oops. Di Lantai empat toko buku tersebutlah saya menemukan berbagai buku tentang UNAS 2010, tepatnya buku yang berisi kumpulan soal-soal latihan. Sebelum akhirnya saya memutuskan membeli buku UNAS untuk SMP 2010 saya berkeliling melihat-lihat buku UNAS yang lain, ada yang untuk SD, MTs, SMU, dan ada pula yang untuk masuk Universitas.

Saya tidak terlalu tertarik untuk melihat buku UNAS SMU mau pun Universitas, tetapi saya malah tertarik untuk membuka buku UNAS SD. Saya buka buku tersebut dan membaca soal-soal yang terdapat di dalamnya, ternyata pertanyaan soalnya membuat saya terpingkal-pingkal. Apa boleh dikata salah satu soal yang saya ingat kira-kira berbunyi

Mana yang bukan termasuk kebutuhan pokok?

Pilihan jawabannya adalah:

  • Makanan
  • Pakaian
  • Perumahan
  • Berekreasi ke Taman Ria

Iseng-iseng Membaca Buku UNAS SMP 2010

Tidak lama kemudian saya terima SMS konfirmasi dari ibu saya untuk membeli buku UNAS SMP 2010. Sesampainya di kosan, saya rapikan kasur lalu berbaring di atasnya dan mulai untuk melihat-lihat buku tersebut. Iseng-iseng saya tertarik untuk menyelesaikan beberapa soal.

Buku Kumpulan Soal Unas 2010

Pertama-tama yang saya buka adalah soal Bahasa Indonesia. Sungguh terlalu, saya tidak tahu apa saya yang bodoh, soalnya terlalu sulit, atau sudah lupa dengan pelajaran anak SMP? Karena soalnya benar-benar membuat pusing. Dari dua soal yang saya jawab, dua-duanya salah :evil:. Inilah soal pertamanya:

Jika berbicara siapakah tokoh yang paling berpengaruh terhadap perkembangan ilmu komputer dan komputerisasi modern, John Van Neuman-lah orangnya. Ia seorang ahli matematika terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi yang menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah …

Pilihan jawabannya adalah:

  • Tokoh paling berpengaruh dalam perkembangan komputer
  • Orang yang ahli dalam bidang matematika
  • Tokoh penggagas konsep instruksi dalam sebuah memori
  • Orang yang menemukan dasar arsitektur abad lalu

Inilah soal keduanya:

Mendiknas Abdul Malik Fajar menyambut para relawan (bantuan guru bahasa Mandarin dari China) di Gedung Depdiknas, Rabu, 21 Juli 2004. Beliau mengungkapkan bahwa keberadaan para guru itu diharapkan akan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Mandarin yang justru kini semakin banyak dipelajari pelajar Indonesia. Tiap tahun jumlah pelajar Indonesia yang mempelajari bahasa Mandarin terus meningkat. Hingga tahun terakhir ini jumlah itu sangat meningkat.

Simpulan tersirat dari paragraf tersebut adalah …

Pilihan jawabannya adalah:

  • Mendiknas Abdul Malik Fajar menyambut para relawan dari China
  • Bahasa Mandarin dari dulu sampai kini banyak diminati pelajar Indonesia
  • Minat pelajar Indonesia terhadap bahasa Mandarin kini semakin meningkat
  • Para relawan akan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Mandarin

Pada soal pertama saya menjawab Tokoh penggagas konsep instruksi dalam sebuah memori, sedangkan pada soal kedua saya menjawab Minat pelajar Indonesia terhadap bahasa Mandarin kini semakin meningkat. Setelah saya lihat kunci jawabannya ternyata… eng ing eng.. soal pertama Tokoh paling berpengaruh dalam perkembangan komputer, soal yang kedua Mendiknas Abdul Malik Fajar menyambut para relawan dari China. Selamat! Saya tidak lulus SMP! 😀

Doh.. ternyata sulit juga jadi anak SMP, untung saja saya sudah melewatinya. Setelah frustasi membaca soal-soal pelajaran Bahasa Indoensia yang lain saya langsung  ke bagian soal Matematika, yang menurut saya, merupakan sebuah pelajaran yang tidak banyak disukai oleh anak-anak SMP.

Dalam mengerjakan berbagai soal matematika yang ada saya tidak mengalami kesulitan yang berarti. Dari 10 soal yang saya kerjakan 2 di antaranya saya gagal. Wow sesuatu yang fantastis bukan? Ini artinya saya menjawab 8 soal secara benar! Ini pun tidak memakan waktu yang lama seperti saya membaca soal Bahasa Indonesia tadi.

Jadi kesimpulan yang bisa saya ambil adalah bahwa soal Bahasa Indonesia pada buku UNAS SMP 2010 lebih sulit dari pada soal matematikanya. Oleh karena itu, kepada siswa SMP terutama adik saya, hati-hatilah dalam mengerjakan soal Bahasa Indonesia. Kelihatannya mudah tetapi ternyata.. gubrak..

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

11 tanggapan untuk “Siap Menghadapi Ujian Nasional 2010 Untuk SMP”

  1. February 17th, 2010 at 05:39 | #1

    Hahahah, emang kadang2 kalo belajar balik ke pelajaran SMP suka error memory. Jalan terbaik adalah terus membaca buku, dan internet yang menyediakan pengetahuan2 untuk mengasah otak; kegiatan mengasah otak ini di rekomendasikan lho di eropa.

    soale kalo otak jarang2 dilatih bisa terkena alzheimers alias memory kita hilang saat kita menjelang tua.

    ya paling gak maenlah sudoku, catur, teka-teki silang; itu juga mengasah otak kok :lol:, yang simple tapi melatih 😉

  2. February 17th, 2010 at 09:13 | #2

    waaaaaaaaaah ternyata lebih sulit tho?
    lha kok bisa dulu lulus SMP
    truss banyak absennya pulak
    lompat pagar ya?

  3. helindakarla
    February 17th, 2010 at 17:45 | #3

    hahahahahah dont worry about that bajing cos adikmu nilai bahasa indonesianya 98 jadi ternyata mang pinteran adikmu qiqiqiqiqiqiqiqiqiq bukan begitu bang masalahnya anak2 dibuat rumit gak seperti smp skul jaman kamu bang tp menurut ibu kamu di smp dulu sudah dibilang ribet jadi setiap tahun ajaran itu makin dibuat tidak praktis banyak hal2 susah dipelajari tp hal sepele enggak. lah bang klo kmu ikut uan so pasti bahasa indonesia nya dpt 30 whwhwhwhwh….. 🙄 tpi toh kamu sudah melewati masanya jadi gak masalah kan

  4. March 2nd, 2010 at 12:29 | #4

    Pelajaran untuk anyak-anyak sekarang memang angel-angel kok mas. 😆

  5. akino sasine
    March 19th, 2010 at 09:25 | #5

    heheeeheehhhee……critanya seru jga ych 😛
    maka dari itu jangan suka ngeledekin anak smp ternyata soalnya susah kan 😡
    dan setelah aku ngebaca soal d atas pengetahuan aku bertambah lagi deh…aku jadi seneng bangeeet 🙄

  6. indah nasitasari
    March 19th, 2010 at 09:59 | #6

    aQ mAh SeDiH bAnGeT GaK nGeDaPeTiN bUkUnYa SePErTI bUkU yAnG AdA dI gAmBaR 😥
    KaLaU mAsaLaH cErItAnYa mAh aKu TeRhIbUr BaNgEt MUmPuNg NTaR LgI aQ uDaH mAu UjIaN kU bErHaRaP sEmOgA gUbErNuR DaRi BaNdUnG nGaDaIiN AcArA YaNg MEnYaNgKuT aNaK-AnK YaNg PeNgEn mEnGhAdApI UN SuPaYa MeReKa YaNg KuRaNg bIyaya nYa BiSA IkUt Di aCaRa iTu KaN 😛
    akU mAh DoAiN SuPyA AnAk-AnAk yAnG pNgEn MeNghaDaPIn uJiAn sEmOgA LULUS 100%… 😉
    AMIIIN
    😆

  7. syifa seicioria
    March 25th, 2010 at 14:55 | #7

    jadi takut nie……… 😯 😯 bentar lagi kakak2 klaz aq akn mnghadpi UAN………. 😮
    MOGA-MOGA LULUS YAAAAAAAA!!!!!!!!! 😉

  8. dayat
    March 27th, 2010 at 10:17 | #8

    @dayat
    Jangan putus Semangatzzzzzzzz ya untuk Menghadapi UN 😮

  9. Tian
    March 29th, 2010 at 05:39 | #9

    Haduhh.. 🙁
    Pagi ini sudah mulai UN . !!! 😯
    TAKUT ! GUGUP ! DAG DIG DUG !! 🙄
    GIMANA YA ? 😥
    Bantu doanya yahh semua 😉

  10. cuul
    October 14th, 2010 at 21:55 | #10

    sekali-kali jangan nganggap UAN sebagai hal yang ckup menakutkan, karena ketika kita siap secara mental itu dah cukup sebagai bekal pertama pelajar tangguh Indonesia, SEMANGAT!!!!

Silakan Beri Komentar