5 Jenis Personal Web Sites

Ada beberapa jenis Personal Web Sites (situs pribadi). Ada website pribadi yang tradisional, dibangun dengan cara membuat halaman Web yang berbeda dan saling dihubungkan satu sama lain. Ada social networks (jaringan sosial) yang memungkinkan Anda mendapat halaman profil dan bertemu dengan orang lain pada jaringan sosial tersebut. Ada blog dan juga buku harian online (online diary) yang memungkinkan Anda dapat memposting tentang apa pun yang Anda inginkan. Lalu ada wiki, di mana Anda memilih topik dan kemudian Anda mengundang orang lain untuk membantu Anda membangun situs tersebut. Ada juga online photo albums yang berperan sebagai tempat untuk  memposting foto Anda, keluarga, mau pun rekan Anda.

Website Dengan Web Pages

Sebuah situs Web pribadi memberitahu pembaca tentang pikiran, gagasan, minat, hobi, keluarga, teman, perasaan, atau sesuatu yang Anda rasakan. Ini berisi berbagai macam halaman Web yang tentu sebagai pelengkap situs Anda dan juga tidak lupa memberitahukan orang tentang siapa diri Anda dan apa yang Anda sukai. Ada banyak alasan yang berbeda dalam membuat situs web pribadi. Membangun untuk diri Anda sendiri cukuplah mudah untuk dilakukan.

Blog alias Weblog

Pada intinya sebuah blog adalah nama lain untuk buku harian online, tetapi blog lebih dari itu. Buku harian online telah ada sekitar hampir sama dengan umur World Wide Web, namun blog lebih baru. Blog ini masih digunakan sebagai buku harian online pribadi tetapi blog juga digunakan untuk membahas berita, olahraga dan apa saja yang disukai.

Perusahaan online menggunakan blog sebagai alat untuk berbicara tentang bisnis perusahaan atau dengan kata lain sebagai media dalam berkomunikasi yang isinya mengupas tentang perusahaan itu sendiri. Anda dapat menyimpan sebuah blog sebagai situs pribadi untuk mendiskusikan minat, hobi, atau hidup Anda secara umum.

Jaringan Sosial

Jika anda ingin bertemu orang lain secara online dan membuat website pribadi pada waktu yang bersamaan maka situs jaringan sosial adalah yang cocok untuk Anda. Situs seperti Facebook, MySpace, Friendster, dan Foursquare memberikan Anda sebuah halaman intro di mana Anda dapat menceritakan tentang diri Anda, menambahkan foto, ada pula sebuah blog di mana Anda dapat mendiskusikan apa pun yang Anda inginkan, lebih banyak ruang untuk penyimpanan, dan merupakan sebuah jalan untuk bertemu orang lain di dunia maya.

Bertemu dengan banyak teman menjadi semudah seperti menjelajahi situs dan tinggal klik saja. Beberapa dari situs jaringan sosial juga menawarkan groups (kelompok) di mana Anda dapat bertemu orang-orang dengan minat yang sama. Ini adalah beberapa alasan mengapa bergabung dengan jaringan sosial.

Wiki

Wiki adalah sebuah situs pribadi yang Anda buat dan kemudian membiarkan orang lain membantu Anda membangunnya. Wiki milik Anda merupakan akses publik sehingga siapa pun dapat menambahkan atau mengubah sesuatu di dalamnya. Bisa juga Anda membuatnya menjadi lebih privat sehingga hanya orang yang Anda pilih yang dapat menambahkan atau mengubah berbagai hal di wiki Anda. Wiki bisa membicarakan tentang apa pun, ketika banyak para pembaca Wiki milik Anda mulai bekerja sebagai pembangun, pengedit, dan berbagai hal lainnya, Anda tidak akan tahu apa fokus Wiki Anda.

Album Foto Online

Online photo albums adalah tempat dimana Anda dapat menyimpan semua foto digital secara online dan berbagi dengan teman dan keluarga Anda. Anda dapat berbagi foto dengan masyarakat umum jika anda ingin, tapi itu terserah Anda. Jika foto Anda tidak digital Anda dapat melakukan scanning (memindai dengan scanner) pada foto Anda dan meng-upload ke album foto online. Jika Anda menambahkan deskripsi tentang foto yang Anda upload, tentu Anda bisa menggunakan album foto online sebagai media bercerita tentang berbagai foto yang telah Anda upload.

Sumber: Linda Roeder

Catatan: Untuk kata social networks saya belum bisa membedakan terjemahannya antara jaringan sosial dengan jejaring sosial, tetapi dalam artikel ini saya terjemahkan menjadi jaringan sosial. Apabila ada yang lebih tahu soal ini silakan meralat dengan penjelasan yang masuk akal.

Tags: , , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Satu tanggapan untuk “5 Jenis Personal Web Sites”

  1. January 26th, 2010 at 09:23 | #1

    lah klo blog yg isinya buat donlod2 semisal lagu, software, majalah, ebook itu masuk kategori yang mana? :mrgreen:

Silakan Beri Komentar