Skimmer Legal! Skimming Bisa Legal Bisa Illegal

24 Januari 2009 – Hari yang cukup melelahkan mendengar dan melihat banyaknya pemberitaan tentang skimming ATM. Teman saya sempat kehilangan Rp.100.000, sontak saya terkejut dan langsung saja ambil seluruh tabungan dari ATM. Padahal teman saya tinggal segitu uangnya, oh sungguh teganya pelaku skimming itu, masa mahasiswa kena gasak juga? Teman saya belum melapor ke bank terkait, karena dia yakin pasti akan sulit untuk mengurusnya dari pada capek ati lebih baik direlakan saja katanya.

Skimmer Legal

Tahukah Anda bahwa skimmer itu legal? Skimmer itu setahu saya sebagai alat pindai yang berhubungan dengan kartu elektronik / magnetis, jadi misalnya ada hotel yang pintu masuk kamarnya pakai kartu bisa jadi itu memakai skimmer, tetapi terkait dengan teknis cara kerja skimmer saya belum mengerti dengan jelas. Aktivitas yang dilakukan terkait dengan proses ini dinamakan skimming. Misalnya Anda ingin membuat inovasi atau merancang kunci rumah Anda diganti dengan menggunakan kartu itu mungkin saja dikarenakan skimmer dijual secara bebas dan legal.

Mengutip dari Antara:

“Kami tidak mungkin melarang perdagangan skimmer, karena alat itu legal dan dipakai dimana-mana, seperti untuk membuka pintu kamar hotel,” kata Kombes Pol Pudji Astuti, Kabid Humas Polda Jatim di Surabaya, Jumat (22/1). Sumber

Dari berita tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa skimmer merupakan alat yang legal diperjualbelikan, tetapi jika digunakan untuk kejahatan tentu merupakan perbuatan kriminal. Analoginya, skimmer adalah pisaunya dan skimming adalah penggunaannya. Jika pisau digunakan untuk aktivitas memasak tentu tidak akan ditangkap polisi, tetapi jika pisau dijadikan alat untuk membunuh tentu penggunaannya dikategorikan sebagai perbuatan kriminal. Sama juga dengan penggunaan skimmer, tergantung digunakan untuk apa alat tersebut. Jadi di sini skimmer merupakan alat yang legal, tetapi skimming bisa menjadi legal dan juga illegal tergantung tujuan pemakaiannya. Bank sendiri juga memakai skimmer kok tapi mungkin istilahnya lain, kalau tidak bagaimana kartu ATM bisa terbaca oleh ATM?

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

2 tanggapan untuk “Skimmer Legal! Skimming Bisa Legal Bisa Illegal”

  1. January 24th, 2010 at 00:42 | #1

    Yang jelas sih pihak2 yang bertanggung jawab haru bisa menelusuri lalu mengumumkan kepada masyarakat umum. Kalau di Ireland di tindak lanjuti dengan warning di seputar ATM. Tapi di warning juga cuma untuk hati2 doang gak pernah ada kejadian skimming ATM kek gitu. Turut prihatin jadinya.

    Alhamdulilah sih, waktu pulang tahun 2008, gak pernah kejadian. apa belum kejadian ya waktu itu? lagian aku lebih suka bayar langsung pake kartu debit kalau lagi transaksi jadi jarang ambil uang di ATM.

    orang2 indonesia ini kok aneh2 sih. makin pinter makin keblinger. mau punya duit kok kayak gitu caranya? cuma uang seratus ribu di embatnya pula. ih amit2 deh. Memang udah mentalnya maling dan males kerja ya begitu jadinya. Jadi ikutan kesel mode on.

  2. January 24th, 2010 at 16:02 | #2

    @JengSRi.com
    emang nyolot banget itu orang2 yang begitu .. parah.. huh huh.. itu orang pastinya ga sendiri n punya organisasi khusus..

    duh mafia.. ntar saya juga jadi mafia deh.. tapi mafia yang baik hati :mrgreen: :mrgreen:

Silakan Beri Komentar