Kamera Digital 570 Megapixel Demi Dark Energy

Pada gambar di bawah, Anda akan melihat langsung isi dari kamera digital terbesar yang mungkin pernah Anda lihat. Di dalamnya terdapat 74 CCD sensor yang ditempatkan seukuran Mini Cooper. Kamera dengan 570 Megapixel ini sedang dibangun di Fermilab oleh tim internasional yang terdiri dari fisikawan bidang partikel dan astronom, mereka berpikir ini akan membantu memecahkan salah satu misteri besar alam semesta yaitu tentang Dark Energy yang juga dikenal sebagai Dark Matter.

Tentu saja, kita tidak benar-benar tahu apakah energi gelap itu ada atau tidak. Saat ini yang kita ketahui adalah bahwa alam semesta telah perluasan (expanding) sejak kejadian Big Bang. Namun, bukannya memperlambat seperti segala sesuatu yang melawan gravitasi yang menarik, perluasan (expanding) ini tampaknya malah semakin cepat. Pastinya ada sesuatu yang membuat hal ini dapat terjadi, dan astronom menyebut bahwa ada yang dinamakan dark energy. Hasil yang diharapkan dari kamera digital dengan megapixel sebesar 570 ini adalah bahwa para ilmuwan dapat menggunakan foto yang lebih rinci untuk memetakan cahaya dari galaksi, dan supernova yang akan menunjukkan pertumbuhan kosmos atau setidaknya memberi mereka lebih banyak bukti tentang keberadaan dan efek dari dark energy.

Setelah benda seharga $35 juta ini selesai, para astronom akan menggabungkannya ke sebuah teleskop di Chile dan, selama lima tahun akan digunakan untuk memetakan sekitar 300 juta galaksi. Hal ini juga berarti akan menambah wawasan baru tentang bintang jatuh (shooting star).

Diterjemahkan dan diedit dari Wired.com

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

7 tanggapan untuk “Kamera Digital 570 Megapixel Demi Dark Energy”

  1. January 18th, 2010 at 21:00 | #1

    keren amat neh. kemaren di dublin majang kamera yang gedenya kayak gajah. persembahan dari samsung. seru banget deh. sayang aku gak bawa camera. jadi gak bisa photo2 narsis kayak orang2 deh 😀

  2. January 19th, 2010 at 04:00 | #2

    Wouw… resolusinya besar banget…
    kalau di pake closeup…., bulu idung yang putih pasti jelas deh…
    Wakakakakaka…

  3. January 19th, 2010 at 04:44 | #3

    wahhh kalo kupakai untuk poto close-up wajahku terus dipajang di fb bisa ga ya?

    • January 19th, 2010 at 05:06 | #4

      @JengSRi.com
      beneran segede gajah?? post donk ahhhh jangan ngebuat kita2 jadi ngebayangin ajahh.. hehhee 😀

      @Setiawan DirgantaRa
      lebih parah lagi kata temen saya “eh.. dosa2 lu bisa keliatan kali ya?” wkwkwk parah..

      @attayaya
      bisa banget bang.. tapi keliatan pori2nya doank .wuwhuwhwuwuwauhua 😯

  4. January 19th, 2010 at 12:28 | #5

    Jadi inget akan kisah transformer…heeheehee 🙂

  5. January 19th, 2010 at 16:01 | #6

    huaaaa kereeennn… dakuh kira dikau boongan 😀

  6. January 22nd, 2010 at 01:15 | #7

    keren banget kamera luar angkasanya
    kok belum di rilis di tv ya..

Silakan Beri Komentar