Mengatasi Error Bstat Pada MySQL di WordPress

Salah satu plugin WordPress yang terkenal dalam mendokumentasikan kata kunci yang berasal dari pencarian search engine seperti Google memang benar-benar bermanfaat. Kita dapat mengetahui kata kunci orang yang datang dari search engine, sehingga nantinya kita bisa memanfaatkan kata kunci tersebut dengan efektif dalam artikel yang akan dibuat. Tetapi bukan berarti plugin WordPress bernama bstat ini tidak memiliki error.

Pada MySQL perintah atau query yang diajukan bstat bisa menimbulkan error yaitu ERROR: Unclosed quote. Ini demonstrasinya pada query langsung pada MySQL:

Ini disebabkan karena orang yang datang ke dalam artikel / postingan kita berasal dari kata kunci yang mengandung quote atau tanda petik satu ( ' ). Misalnya, orang datang dengan frase kata kunci programming with PHP's class. Maka program plugin bstat di WordPress ini akan memasukkannya dengan query:

"INSERT INTO $bstat_refs_table (bstat_date, post_id, hits, issearchengine, ref) VALUES ('$date', $post_id, 1, '$referer[issearchengine]', '$referer[searchstring]');";

Di sini $referer[searchstring] akan diganti dengan kata kunci yang tadi sehingga query bstat akan menjadi

"INSERT INTO $bstat_refs_table (bstat_date, post_id, hits, issearchengine, ref) VALUES (‘$date’, $post_id, 1, '$referer[issearchengine]', 'programming with PHP's class');";

Apa masalahnya di sini? Kita lihat, sebelum kata programming di situ ada tanda ( ' ), setelah kata PHP ada tanda ( ' ) dan setelah kata class juga ada tanda ( ' ), sehingga akan menimbulkan kebingungan pada MySQL, mana kata kunci yang benar programming with PHP atau programming with PHP's class ? Kalau manusia pastilah kita bisa menebak kira-kira apa maksud dari kata kunci tersebut, tetapi MySQL bukanlah manusia, dia hanya program sehingga harus diakali bagaimana caranya agar dia bisa mengerti apa yang seharusnya dipilih antara kedua kata kunci tersebut.

Kalau sudah begitu maka kata kunci yang dipakai orang datang ke website tidak akan disimpan oleh bstat, sayang kan?

Cara Mengatasi Error Bstat

Untuk mengatasi error bstat pada MySQL ini sangatlah mudah mari disimak:

  1. Bagi yang tidak mau repot silakan langsung login ke halaman administrasi WordPress Anda, lalu bukalah plugin editornya. Tidak tahu tempatnya? silakan menuju http://namawebsitemu/wp-admin/plugin-editor.php lalu pada dropdown box pojok kanan atas silakan pilih bstat lalu klik select, jika benar maka Anda akan langsung membuka source code dari plugin bstat.
  2. Carilah baris yang mengandung $request = "INSERT INTO $bstat_refs_table (untuk memudahkan pencarian silakan cari menggunakan fasilitas find atau search pada browser Anda). Jika sudah ketemu silakan masukkan $referer[searchstring] = str_replace("'","",$referer[searchstring]); pada baris di atasnya.
  3. Setelah itu jangan lupa disave.

Kode yang disisipkan itu memiliki arti bahwa setiap kata atau frase yang mengandung tanda petik satu ( ' ) akan diubah menjadi null atau dengan kata lain, dihilangkan dari muka bumi ini :evil:. Jika ini sudah dilakukan dengan benar maka plugin bstat akan bekerja dengan lebih baik lagi pada WordPress Anda dari pada yang sebelumnya. Yak, sekian cara mengatasi error plugin bstat pada MySQL di WordPress Anda.

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

Satu tanggapan untuk “Mengatasi Error Bstat Pada MySQL di WordPress”

  1. PutraGoes
    May 5th, 2010 at 23:54 | #1

    lho… tanda petiknya khoq dihilangkan dari muka bumi. apa tidak lebih dipertahankan dengan cara: $referer[searchstring] = str_replace(“‘”,”””,$referer[searchstring]);

    jadi single quote (‘) diganti dengan single quote yang diketik dua kali (”) đŸ’¡

Silakan Beri Komentar