Lingkungan Khusus Sebagai Pertimbangan Etis

Apa yang pernah kita lakukan terhadap lingkungan? Tidak usah jauh-jauh, lingkungan bukan hanya sekedar lingkungan yang kita kenal secara umum yaitu terdiri dari pepohonan, bebatu-batuan, para hewan, perumahan, jalanan, dan berbagai macam lainnya, tetapi juga lingkungan khusus.

Lingkungan Khusus

Apa itu lingkungan khusus? Sebenarnya saya tidak tahu kata apa yang cocok untuk menggambarkan “lingkungan yang tersedia dekat dengan diri kita tidak lebih dari radius 5 meter”. Sebagai contoh, misalnya kamar, dapur, tempat mencuci, kolam ikan, dan lainnya. Itulah maksud saya, jika ada yang ingin meralat silakan beritahu saya.

Pertimbangan Etis

Pertimbangan etis ini merupakan pertimbangan yang memandang dari sudut kepentingan kemanusiaan untuk masa sekarang mau pun masa yang akan datang. Apa pun dan siapa pun manusianya, tetap saja harus dilakukan pertimbangan dalam bertindak. Misalkan saya ingin tidur tetapi di kasur saya ada adik saya yang sedang tidur, lalu bagaimana sebaiknya? Apakah saya tendang saja adik saya keluar dari kasur saya, atau membiarkannya tidur saja? Tentu itu pilihan masing-masing, tetapi bisa dipertimbangkan kira-kira apa yang akan dilakukan jika adik saya seorang laki-laki, mungkin saya akan menendangnya! Tetapi tidak jika dia perempuan.

Jangan salah pertimbangan ini juga bisa untuk diri sendiri, misalnya mau makan yang murah atau yang mahal? Uang tinggal sedikit, tapi kata teman saya dia belum punya uang untuk makanan mahal, nah sebaiknya saya makan yang murah saja. ‘Ga enak donk masa saya makan enak dia makan biasa saja, reputasi saya bisa jatuh nah inilah ‘memikirkan diri’nya.

Sejak dahulu saya sudah menuliskan banyak tentang perbincangan etika umum mau pun etika lingkungan, ada beberapa tulisan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi antara lain, Jangan Pedulikan Pemanasan Global! Pedulikan Bumi!, Kerusakan Lingkungan Sungai, dan Menjaga Lingkungan Demi Hidup Manusia. Dalam artikel tersebut Anda akan memahami lebih jauh tentang pertimbangan etis beserta contohnya.

Trial

Untuk mengkombinasikan antara kedua sub-bab di atas, maka harus ada contoh yang menggambarkan peran diri terhadap lingkungan:

  • Lingkungan khusus, misalnya kamar, Anda adalah seorang perokok berat dan Anda ingin merokok dalam kamar yang sempit dan tertutup. Di sini Anda bisa mempertimbangkan kesehatan Anda. Merokok dengan kamar dibuka atau ditutup. Kalau dibuka, kamar saya jadi tidak terlalu berasap dan saya tidak akan batuk-batuk. Anda mempertimbangkan kesehatan Anda, karena etisnya Anda menghargai tubuh Anda dan apa yang Anda lakukan untuk membuat kamar Anda menjadi wangi, masa Anda menyianyiakan kamar Anda yang wangi itu? Hanya demi privasi dengan menutup kamar.. kelihatan tidak etisnya? Anda harus menjaga kesehatan karena kalau Anda mati sesak gara-gara asap rokok tetangga Anda yang kerepotan.
  • Misalnya toilet umum, Anda buang air kecil tapi sengaja belepotan, tentu ini hal yang menyebalkan bagi orang lain karena toilet menjadi bau pesing. Orang lain tidak langsung benci terhadap Anda, tetapi orang lain akan mengeluh di dalam hati tentang kebauan tersebut dan yang jadi sasaran adalah petugas kebersihan. Mulai kelihatan etisnya? ya Anda harus menjaga kebersihan toilet karena orang lain akan kesal jika toilet bau dan menyalahkan petugas toilet.
  • Tahukah Anda bahwa suara bising merupakan polusi yang membuat orang menjadi temperamen? Jika Anda memiliki drum dan memainkannya di halaman rumah Anda, tetangga akan menimpuki Anda dengan bata karena keberisikan Anda. Meski pun itu dilakukan di halaman Anda, tetap saja suara drum kemana-mana. Jagalah suara instrumen Anda agar tetap rendah untuk menghindari timpukan para tetangga karena tetangga adalah partner hidup Anda yang memerlukan ketenangan, selain itu tetangga akan siap membantu jika rumah Anda dirampok orang. Privasi, meski pun kecil, jika itu menyebalkan bagi orang lain akan menjadi pertimbangan etis tersendiri. Anda bau, kotor dan kumuh, orang lain menjauh. Bukan masalah orang lain itu sombong, tetapi Anda yang harus sadar diri bahwa kekotoran dan bau Anda itu mengganggu ketenangan orang! Stay Clean!

Inilah lingkungan khusus yang saya maksudkan untuk dipertimbangkan secara etis. Meski pun itu kamar Anda, pastinya Anda terikat dengan beberapa hal etis. Setelah membaca, silakan pikir lagi apa kira-kira kesalahan Anda yang kira-kira mengganggu orang lain.

Tags: , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

4 tanggapan untuk “Lingkungan Khusus Sebagai Pertimbangan Etis”

  1. October 29th, 2009 at 09:57 | #1

    etika lingkungan hidup ada ga ya?

    • October 29th, 2009 at 10:25 | #2

      ada dunks om atta cari aja di search bar.. pasti ada.. heheeh

  2. November 3rd, 2009 at 07:50 | #3

    Hai, salam kenal, artikel anda ada di

    http://lingkungan.infogue.com/lingkungan_khusus_sebagai_pertimbangan_etis

    ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^

Silakan Beri Komentar