Pentingnya Mengakui Kesalahan dan Meminta Maaf

Kalau orang bilang “minta maaf aja gampang!” tetapi kalau ditelusuri memang bahwa mengakui dan meminta maaf itu memang mudah bagi sebagian orang tetapi sulit bagi orang yang gengsinya besar. Tetapi ada hal yang harus diketahui dan disadari betul bahwa dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf, orang akan lebih tenang jiwanya karena ancaman dalam diri atas rasa bersalah akan demikian jauh berkurang. Jelas sekali perbedaannya jika orang gengsi mengakui kesalahannya dengan orang yang langsung mengakui kesalahannya.

Banyak orang tahu bahwa seseorang telah berbuat kesalahan tetapi ia tidak mengakuinya, hal seperti inilah yang akan membuat orang lain berpikir bahwa “ih, udah ketahuan salahnya masih aja ngeles”, atau “namanya juga maling mana ada yang mau ngaku” berbeda tanggapan kalau orang yang berbuat kesalahan itu mengakui kesalahannya. Ada keuntungan yang dapat diperoleh dari pengakuan kesalahan yaitu:

  1. Tidak akan panjang-panjang berkutat dalam masalah yang itu saja (cepat selesai)
  2. Image diri akan dicap sebagai orang yang jujur (mau mengakui kesalahan) dan dapat dipercaya
  3. Membuat orang lain lebih cepat dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah
  4. Tidak akan mendapatkan cap sebagai “maling”

Hal di atas barulah penjelasan apa bila orang telah mengakui kesalahannya. Pengakuan kesalahan akan sedikit kurang mantap jika tidak dibarengi dengan permohonan maaf. Akan kedengaran aneh jika orang yang bersalah tidak meminta maaf. Misalnya saya menampar orang lain, saya tahu perbuatan itu salah maka saya mengakui kepada orang itu bahwa saya bersalah telah menamparnya tetapi saya tidak meminta maaf, sungguh mengesalkan kan? Minta maaflah! Dengan meminta maaf kondisi kemanusiaan akan berbeda dibandingkan dengan tidak meminta maaf. Meminta maaf akan membuat hati orang lebih luluh dari sebelumnya.

Janganlah ragu untuk meminta maaf walau pun telah melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Kesalahan ya tetap kesalahan, harus diakui dan harus meminta maaf. Terserah orang lain mau menerima atau tidak, tetapi yang jelas akan ada perubahan sikap dalam menanggapi jika meminta maaf. Keuntungan yang dapat orang peroleh dari minta maaf diantaranya:

  1. Membuat hati orang luluh (dari yang tadinya ingin membalas kita, mungkin hanya sekedar marah-marah saja)
  2. Membuat orang tahu bahwa kita telah menyadari apa yang telah kita perbuat. Oleh karena itu tentunya ada toleransi
  3. Membuat orang merasa benar sehingga ia merasa sudah menang dari kita dan tidak berbuat yang lebih buruk terhadap kita
  4. Mengubah pikiran orang lain tentang diri kita

Tentu jelas keuntungan yang akan kita peroleh apabila kita mengakui kesalahan dan meminta maaf, oleh karena itu kenapa tidak dari sekarang kita belajar untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf? Toh dari kesalahan yang kita perbuat, kita bisa belajar lebih jauh agar kesalahan yang sama tidak terulang lagi dan membangun image diri sebagai orang yang penuh harga diri, jujur dan tidak sombong. 🙂

Tags: , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

3 tanggapan untuk “Pentingnya Mengakui Kesalahan dan Meminta Maaf”

  1. October 20th, 2009 at 17:27 | #1

    Orang berhati besar adalah orang yang mau mengakui kesalahannya dan mau meminta maaf.

    That what we call, gentleman

  2. andini
    January 24th, 2011 at 16:42 | #2

    minta maaf bagian dari akhlaqul karimah atau budi pekerti.

  3. kiki
    February 21st, 2013 at 22:10 | #3

    makasih, membantu tugas MPKT A

Silakan Beri Komentar