La Catedral Musik Indah Nuansa Baroque

Jatuh cinta, ya itulah yang saya rasakan ketika mendengar lagu yang berjudul La Catedral ini untuk pertama kalinya 4,5 tahun silam. Lagu ini diciptakan Agustin Barrios Mangore. Lagu ini memiliki kurang lebih 6 halaman not balok (notasi). Dahulu saya pernah mempelajarinya namun tidak pernah sampai habis dikarenakan pada saat itu mungkin level saya dalam bermain gitar masihlah sangat rendah dan cupu.

Lagu ini memiliki tiga bagian yaitu, Preludio Saudade yang merupakan pembuka lagu La Catedral dengan tempo yang cukup rendah namun apabila dimainkan akan membuat jari-jari menjadi agak sedikit keriting. Preludio Saudade ini cocok apabila dimainkan ketika sedang menyendiri atau dalam keadaan sepi. Alunan lagunya akan membuat Anda sedikit merinding namun menikmatinya, bagian pembuka inilah yang hanya bisa saya mainkan dahulu kala. Kedua yaitu Andante Religioso yang merupakan bagian keseimbangan yang menjembatani ke tahap akhir bagian lagu, yang spesial pada bagian ini adalah nuansa ngeri dan indah yang dihasilkan dari komposisi lagunya. Bagian terakhir yaitu Allegro Solemne sesuai dengan nama bagiannya Allegro yang berarti cepat, bagian terakhir ini adalah bagian yang dimainkan dengan tempo yang sangat cepat, tidak hanya cepat tetapi juga memerlukan nafas panjang, konsentrasi, dan akurasi dalam memainkannya.

Allegro Solemne ini bagi saya adalah bagian paling sulit dan indah. Jika memainkan bagian ini dengan baik saya jamin orang disekitar Anda yang tadinya melihat bahwa Anda adalah pemain gitar yang biasa-biasa saja, akan berpikir ulang. Bagian ini adalah bagian yang sangat sulit dimainkan apabila tidak memiliki waktu luang untuk melatihnya, yang dilatih pun bukan sekedar kecepatan jari tapi kecepatan berpikir, dan kekuatan untuk menjalani prosedur yang tertulis di notasi secara sempurna. Kenapa harus menjalani prosedur secara sempurna? Karena setiap teknik misalnya slur akan membuat suara yang berbeda bahkan nuansa lagu yang berbeda.

Coba lihat permainan gitar pria yang satu ini

Coba bandingkan permainan gitar Ana Vidovic

Tentu saja mereka memiliki nuansa yang berbeda.. silakan tentukan mana yang merupakan selera Anda.. atau Anda tidak punya selera dalam bermusik? Itu terserah Anda :p

Tags: , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

4 tanggapan untuk “La Catedral Musik Indah Nuansa Baroque”

  1. September 15th, 2009 at 07:46 | #1

    jahhhhhhh aku ga bisa maen gitar neh

  2. PIPIT
    April 20th, 2010 at 10:14 | #2

    ASLI ……….LA CATEDRAL MAHA KARYA BARRIOS…..GUA SKRIPSI TENTANG ANALISA LAGU INI…PUSING JUGA C,,MANA DOSEN PEMBIMBING MINTA CHORD PADA SETIAP BAR…TEKNIK MAIN JUGA BERBEDA-BEDA,,POLA ANALISA YANG TIDAK BERATURAN NAMUN DAPAT DIMENGERTI ALASANNYA…

    GUA BARU BELAJAR GITAR KLASIK DARI NOL 1 TAHUN YANG LALU..EH MAIN LAGU INI BUAT RECITAL…MPOT-MPOTAN DAHHH….

    SULIT BANGET APALAGI GITAR GUA CUMA YAMAHA C 330.. KEBAYANG KAN GIMANA GUA HARUS BERJUANG MENGATASI FRET-FRET BERMASALAH….

    12 MEI NTAR RECITAL MAININ LAS ABEJAS, LA CATEDRAL, JULIA FLORIDA DAN VILLANCICO DE NAVIDAD..

    HAHHHAAAA……….DEWASA SEBELUM WAKTUNYA…

  3. Arie
    July 7th, 2011 at 11:36 | #3

    Setuju Boss
    Salah Satu yang gw suka dari Agustin Barrios…
    Lagu ini gw pelajari pas kuliah dulu dan gw suka banget analisa lagu2 klasik or rock di semua Bar nya.

  4. Arie
    July 7th, 2011 at 11:41 | #4

    menurut ku Bagian 1 dan 2 lebih jelimet…
    Bagian ke 3 mudah karena lagunya mudah dihapal..cuma mainnya cepat dan panjang jadi agak sulit menghapalnya tapa pada dasarnya appergio aja…kebanyakan main di Bm

Silakan Beri Komentar