Gempa Susulan 7 September 2009 Indonesia

gempa yogya tasikmalayaMalam ini jam 11.15 PM, 7 September 2009, terjadi lagi gempa. Gempa yang cukup menggetarkan kamar saya yang di lantai 3 ini. Gempa yang terjadi lebih besar dari yang saya rasakan sebelumnya pada tanggal 2 September 2009, Yogyakarta. Tadi saya lagi coba buat template wordpress yang baru tetapi sempat terhenti karena gempa yang mengejutkan ini. Saya sudah langsung saja pasang baterai laptop untuk mencegah pemadaman listrik secara tiba-tiba dan siap-siap berlari keluar dari kos dengan membawa laptop, handphone, dompet, dan ijasah.

Gempa yang tadi saya rasakan cukup membuat kipas angin goyang-goyang dan botol Aqua 1500ml (upss. sebut merek..) menari ke sana ke mari.. :)) Tetapi hal ini bukan hal lucu ketika tadi saya merasakan gempa. Anak satu kos pada heboh “gempa.. gempa..!” Tapi saya santai dulu di kamar lihat situasi, kalau udah sedikit mengerikan barulah saya bergegas untuk kabur secepatnya karena saya di lantai 3, tidak cukup waktu untuk saya sampai ke luar kosan dengan membawa barang yang paling penting apabila terjadi gempa berkekuatan 7 Skala Richter. Amit-amit jangan sampe deh.. cukup gempa yang dulu di Yogyakarta ini saya rasakan. Dulu gempa tersebut sempat membuat saya bingung, kok tempat tidur saya ada yang menggoyang-goyangkan..?? Eh ternyata pas saya keluar kamar ada yang teriak “gempa.. gempaa! Turun turun!!” ehueheueeuhue.. sempat panik juga tapi untung tidak apa-apa.

Wah, kalau tadi gempanya sampai meruntuhkan kamar saya pasti saya bakal menyesal, soalnya tadi setelah berbuka puasa saya beberes kamar, memindahkan barang-barang terkutuk yang ada dalam kamar supaya kamar saya terlihat lebih lega dan besar. Mana saya tadi ngepel pula, tambah kena debu jadi pilek deh.. huh huh.. tapi untungnya ni kamar tidak sampai runtuh.. Tapi bahaya juga yah kalau misalnya gempa segini dialami orang di kantor yang bertingkat lebih dari 10.

Update — 11:42 PM

screenshot013

Magnitude 6.1
Date-Time Monday, September 07, 2009 at 16:12:21 UTC
Monday, September 07, 2009 at 11:12:21 PM at epicenter
Time of Earthquake in other Time Zones
Location 10.202°S, 110.609°E
Depth 15.9 km (9.9 miles) (poorly constrained)
Region SOUTH OF JAVA, INDONESIA
Distances 265 km (165 miles) S of Yogyakarta, Java, Indonesia
340 km (210 miles) SW of Malang, Java, Indonesia
360 km (220 miles) S of Semarang, Java, Indonesia
620 km (385 miles) SE of JAKARTA, Java, Indonesia
Location Uncertainty horizontal +/- 7.6 km (4.7 miles); depth +/- 32.4 km (20.1 miles)
Parameters NST= 61, Nph= 61, Dmin=543.8 km, Rmss=0.99 sec, Gp= 40°,
M-type=body wave magnitude (Mb), Version=6
Source USGS NEIC (WDCS-D)
Event ID us2009lgba

imagestacke2rTabel di atas adalah keterangan gempa yang tadi saya rasakan ternyata menurut USGS itu sebesar 6.1 Skala Richter wow.. angka yang lebih besar dari gempa 2 September 2009, tapi saya yakin gempa kali ini juga cukup mengejutkan karena terjadi pada waktu malam hari ternyata terjadinya di selatan provinsi Jawa Tengah.

Gambar di atas menunjukkan lokasi tempat terjadinya gempa. Kalau dianalisis secara amatiran lokasi terjadinya gempa ini tidak lebih dahsyat dari pada gempa sebelumnya, kali ini hanya 6.1 Skala Richter dengan lokasi yang lebih jauh dari pulau Jawa. Jadi kemungkinan terjadinya ancaman Tsunami lebih kecil dari pada gempa 2 September 2009 lalu. Dengan ini para manusia yang berada di pulau Jawa seharusnya tidak lebih khawatir dari gempa sebelumnya apabila Anda sudah membaca artikel ini.

Tentu saja kewaspadaan tetap harus dijaga dengan cara mempersiapkan segalanya seolah-olah gempa akan terjadi lagi. Persiapkan iman Anda, persiapkan barang-barang yang terpenting dalam hidup Anda seperti ijasah, data-data (softfile) penting, hewan peliharaan (mungkin), dan lain-lainnya. Jangan pikirkan tentang bagaimana uang nanti, pengiriman bantuan pasti akan segera tiba tentu saja terutama dari saudara Anda, oleh karena itu jangan lupa bawa dompet yang berisikan kartu ATM, KTP, STNK, dan SIM Anda 🙂 oh iya satu lagi jangan lupa untuk membawa anak-anak Anda.

Update — 12.34 AM, 8 September 2009

Barusan saya mendapat informasi dari pacar katanya gempanya itu terjadi di Wonosari sebesar 6.8 skala Richter, tapi user facebook juga ada yang bilang 6.9 Skala Richter yaaa beda tipislaah.. Tetapi saat ini pegangan saya adalah informasi yang diberikan oleh USGS donk kan ada statistiknya 🙂

Dengan ini saya berharap kembali tidak ada gempa susulan lagi dan tidak ada korban yang timbul akibat gempa kali ini. Amin.

Silakan memberikan komentar sebagai dukungan Anda terhadap Indonesia

Tags: , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

11 tanggapan untuk “Gempa Susulan 7 September 2009 Indonesia”

  1. September 7th, 2009 at 19:16 | #1

    diriku di solo kok ga ngrasa ya????

  2. hastowisoro
    September 7th, 2009 at 23:53 | #2

    Terima kasih infonya. Kalo udah ada info tambahan gempa Wonosari di sertakan data rincinya ya mas. Salam.

  3. September 8th, 2009 at 00:05 | #3

    Anugerah dan Bencana adalah kehendaknya.
    Kita mesti tabah menjalani.

  4. September 8th, 2009 at 02:23 | #4

    Hehehe… Seharusnya besok bawa alat ukur sendiri dipasang di tiga tempat berbeda. Jadi sampeyan lebih percaya tanpa tendensi macem-macem.

  5. dwi kristiowati
    September 8th, 2009 at 05:30 | #5

    waduh jadi takut mo mudik, semoga gempa ini segera berakhir. dan thank buat artike en infonya. ditunggu info berikutnya ya.

  6. hananta
    September 8th, 2009 at 08:12 | #6

    tadi malam memang gempanya bikin aku kaget banget.Saya di pracimantoro,

  7. September 8th, 2009 at 11:13 | #7

    Indonesia memang berada di kawasan gempa baik tektonik maupun vulkanik

  8. ani
    September 9th, 2009 at 03:36 | #8

    kita berdoa smg gada gempa lg,q da tips ni kalo da gempa n lg di lantai 2/3n g sempat turun berlindung dibawah meja/tempat tidur atau tmpat yang sekiranya aman untu berlindung.sambil berdoa….

  9. September 10th, 2009 at 15:06 | #9

    gua sempet liat status pesbuk lu…
    hm.. laptop,ijazah ? ck ck ck… kepikiran ya?

  10. satria
    September 23rd, 2009 at 11:03 | #10

    Bumi sudah mulai Tua dan renta mari kita jaga….gempa merupakan peringatan dari ALLaH untuk manusia agar berusaha menjadi manusia yg baik….

  11. Irfan
    May 1st, 2010 at 20:11 | #11

    Semakin banyak bencana alam d muka bumi ini…. dan ini merupakan peringatan dr Allah kpd ktaaa…. krena ituuuuu ayolaahhh kita bertaubat berjama’ahhh….. 😛

Silakan Beri Komentar