Prinsip Memasarkan Diri: Segmentation – View Your Market Creatively

Di dalam prinsip pertama ini, segmentasi akan kita pakai untuk memasarkan pribadi atau diri Anda. Saya sering mengatakan bahwa segmentasi adalah view your market creatively, artinya kita harus melihat “pasar” kita secara kreatif, jangan hanya menjadi pengikut orang lain saja. Pertanyaannya, kalau kita terapkan untuk memasarkan diri, siapa sesungguhnya pasar kita?

Kalau dalam konteks produk atau perusahaan pengertian pasar itu jelas, yaitu konsumen yang membeli dan menggunakan barang kita. Lalu pasar bagi diri Anda sendiri bagaimana? Kalau kita mengaitkannya dalam konteks memasarkan diri kepada dunia kerja, jika Anda seorang profesional, tentunya pasar itu secara garis besar adalah perusahaan yang akan Anda tuju. Jika Anda sedang mencari pekerjaan, maka yang dimaksud dengan pasar adalah perusahaan di mana Anda mau bekerja. Anda mau kerja di mana?

Ada banyak kategori perusahaan, misalnya BUMN, perusahaan swasta, perusahaan asing, perusahaan besar, perusahaan kecil, perusahaan yang sedang tumbuh atau perusahaan yang baru mulai hidup, perusahaan jasa atau perusahaan manufacture. Kategori tersebut bisa menjadi segmentasi dari perusahaan di mana Anda bekerja. Tetapi kalau Anda sudah bisa bekerja dalam satu perusahaan, maka yang disebut pasar barangkali adalah orang-orang yang ada di perusahaan Anda. Bisa bos Anda, teman Anda yang setingkat atau disebut peer, atau mungkin anak buah Anda.

Kenapa Anda harus melihat pasar Anda secara kreatif? Karena kalau Anda tidak bisa melihat pasar secara kreatif, Anda hanya melihat perusahaan-perusahaan itu sama saja. Jangan asal melamar saja dengan hanya berbekal ijasah tetapi tidak peduli perusahaan apa yang hendak Anda masuki. Masing-masing perusahaan mulai dari perusahaan asing, swasta, multinasional, perusahaan besar, perusahaan kecil, perusahaan yang baru mulai, perusahaan yang sudah besar, masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda. Karena berbeda-beda, maka cara Anda menjawab pertanyaan saat wawancara dengan perusahaan-perusahaan itu juga berbeda-beda. Itulah yang disebut segmentasi. Anda harus melihat pasar secara kreatif. Sedangkan kalau Anda sudah berada dalam satu perusahaan maka Anda juga harus kreatif, dengan melihat orang-orang di mana tempat Anda bekerja. Siapa yang menentukan karir Anda? Anda harus different terhadap orang-orang itu. Anda lihat, katakanlah antara teman Anda yang setingkat saja, ada orang yang sedaerah dengan Anda, ada orang yang dulu seperguruan tinggi dengan Anda, ada orang yang hobinya sama dengan Anda. Melihat target pasar secara kreatif inilah yang disebut segmentasi. Jadi segmentasi adalah bagaimana Anda melihat perusahaan-perusahaan itu secara kreatif. Atau melihat teman-teman Anda, bos Anda, bawahan Anda secara kreatif pula.

TIPS MELIHAT PASAR SECARA KREATIF

Tips #1. Anda harus lebih detil dalam melihat pasar Anda, apakah itu perusahaan atau orang-orang. Jangan melihat secara umum. Jangan melihat sebagai hutan, tapi lihatlah mereka sebagai pohon. Anda harus masuk ke hutan itu dan melihat ternyata pohon yang satu itu berbeda dengan pohon yang lain. Pohon-pohon itu dilihat dari atas itu hanya kelihatan sebagai hutan, sepertinya sama, padahal kalau dimasuki hutan itu terdiri dari berbagai pohon yang berbeda. Perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain tentu berbeda. Orang yang satu dengan orang yang lain pasti berbed.

Tips #2. Kemudian kelompokkan perusahaan yang kira-kira hampir sama karakteristiknya atau orang-orang hampir sama karakteristiknya menjadi satu kelompok yang disebut segmen-segmen.

Tips #3. Cobalah pahami karakteristik masing-masing kelompok tersebut. Anda harus mengantisipasi dengan mengambil sikap dan perilaku seperti apa ketika Anda harus berinteraksi dengan tiap-tiap segmen yang merupakan kelompok dari perusahaan atau orang-orang yang hampir sama tadi. Dengan demikian Anda akan mempunyai manfaat yang maksimal. Selamat mencoba bagaimana mengharapkan segmentasi, View your market creatively ketika Anda mau memasarkan diri Anda sendiri.

Hermawan Kartajaya dalam buku Marketing Yourself: Kiat Sukses Meniti Karir dan Bisnis. MarkPlus & Co

Tags: , , , , , , , ,

AUTHOR

# Full time business development member, part time philosopher, amateur web programmer, Ubuntu lover, and guitar player.

3 tanggapan untuk “Prinsip Memasarkan Diri: Segmentation – View Your Market Creatively”

  1. July 29th, 2009 at 12:57 | #1

    hoh? ini postingan tentang pasar ya??? berarti besok postingan tentang merayu pasar ya? xixixi ;;)

  2. July 29th, 2009 at 12:59 | #2

    isssss?? sejak kapan pake moderasi? katanya lu mo bikin tuh orang sakit ati…?! kok pake moderasii?
    sebeeeellllll

  3. July 29th, 2009 at 15:03 | #3

    wah manut aja deh….

Silakan Beri Komentar